3 Tren Social Media Marketing Terbaru 2020

249
0

Social media marketing merupakan pemasaran digital yang menggunakan sarana sosial media. Walaupun dinilai lebih menjanjikan dibandingkan marketing konvensional, namun, Anda wajib menggunakan strategi yang tepat.

Tanpa strategi yang tepat, pemasaran ataupun campaign yang Anda pasang tidak akan berjalan dengan baik. Salah satu trik agar strategi social media marketing berjalan dengan baik adalah ikuti trend yang sedang berjalan. Beberapa trend untuk pemasaran di sosial media adalah.

Video Marketing

Video marketing menjadi salah satu trend terpopuler yang hingga saat ini bahkan 5-10 tahun kedepan masih akan berpengaruh. Bagaimana bisa? Hal tersebut disebabkan karena faktor berikut ini:

  • 72% bisnis mengalami peningkatan konversi lewat video.
  • 70% konsumen mengatakan bahwa mereka membagikan video brand.
  • 65% dari para eksekutif mengunjungi website marketer.
  • 52% konsumen mengatakan bahwa melihat video produk membantu membangun kepercayaan untuk membeli suatu produk secara online.
  • 39% langsung menelepon vendor setelah melihat video.

Lalu, video apakah yang paling berpengaruh? Video pendek adalah video yang paling berpengaruh. Anda bisa membagikan video sosial media marketing ke media sosial yang Anda miliki.Apakah hanya video pendek saja yang berpengaruh? Tidak, karena sosial media saat ini berkembang dengan sangat pesat sehingga memungkinkan Anda bereksplorasi. Misalnya dengan live video, 1:1 video, video SEO hingga 360ovideo content.

Menggunakan Influencer

Pengaruh influencer terhadap marketing media sosial cukup bagus. Bedanya dengan beberapa tahun sebelumnya, tidak semua mega influencer seperti artis ataupun influencer memiliki engagement yang baik.  

Saat ini, influencer yang berpengaruh cenderung mengarah ke micro influencer yang tidak terlalu memiliki banyak pengikut. Walaupun begitu, micro influencer memiliki engagement dan komunitas yang baik.

Bahkan 61% konsumen lebih percaya rekomendasi dari teman atau keluarga dibandingkan dengan iklan dari endorsement artis. Karena hal tersebut, orang lain akan lebih percaya untuk mempertimbangkan, membeli atau menggunakan brand Anda.

Berarti, apakah menggunakan artis untuk promosi sudah tidak bisa? Masih bisa, dengan catatan Anda menggunakan artis atau influencer yang tepat dan berpengaruh. Maka dari itu, Anda perlu menganalisa apakah influencer tersebut sesuai atau tidak dengan strategi pemasaran yang akan diterapkan.

Micro Moments

Jangan lupa untuk selalu menggunakan kesempatan yang ada. Trend social media marketing ini semakin terlihat seiring dengan banyaknya seller online. Semakin banyaknya seller dan customer online membuat perkembangan pasar digital semakin dynamic dan tidak terprediksi.

Karena hal tersebut, memanfaatkan celah sekecil mungkin akan sangat membantu untuk memaksimalkan penjualan. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengenali konsumen Anda.

Misalnya kapan saat konsumen Anda benar-benar butuh dan ingin membeli suatu barang. Jika Anda sudah mengenal pangsa pasar Anda, buat prosesnya menjadi mudah. Mulai dari pemesanan, pembayaran, penerimaan barang hingga klaim barang.

Jika Anda belum paham cara menganalisa, akan lebih baik untuk memperdalam kemampuan tersebut atau menggunakan tool. Salah satu tools social media marketing yang terpercaya adalah NoLimit. NoLimit menyediakan fitur yang akan sangat membantu Anda untuk melakukan analisa rutin bahkan menganalisa kompetitor.

Bagaimana bisa? NoLimit dilengkapi dengan fitur analisa yang berfungsi untuk memantau sosial media competitor. Dari situ, Anda bisa tahu kelebihan dan kekurangan kompetitor yang dapat Anda manfaatkan agar Anda tidak kalah bersaing.

Selain itu, NoLimit juga dilengkapi dengan fitur analisa objek untuk akun, tagar dan kata kunci. Dari analisa objek tersebut, tentu Anda bisa memaksimalkan pemasaran di media sosial agar semakin banyak jangkauan dan engagement.Jadi, masih mau sukses mengaplikasikan strategi untuk social media marketing? Gunakan NoLimit dan dapatkan analisa serta keuntungan tak terbatas untuk hasil pemasaran maksimal di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading