Dalam mengelola media sosial, waktu posting terbaik di media sosial kadang menjadi masalah beberapa orang. Hal ini memang ilmu yang agak sukar untuk dikendalikan, karena sifat media sosial serta internet yang kompleks dan bisa berubah-ubah sepanjang waktu.
Namun, beberapa peneliti dan ahli dalam pengelolaan media sosial telah merangkum waktu rata-rata terbaik dalam setiap media sosial. Simak lebih lengkapnya dibawah ini!
Linkedin: 10.00 – 11.00 di Selasa, Rabu, Kamis!
Linkedin = Bekerja = Hari kerja.
Rasanya logika tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi.
Namun, yang menarik adalah, tidak sepanjang jam kerja linkedin bekerja secara efektif!
Anda salah jika berfikir seluruh jam kerja di linkedin akan efektif.
Ada satu jam yang paling utama dan ada tiga hari kerja yang paling menonjol: di Selasa, Rabu, dan Kamis.
Kenapa?
Pahami fakta ini!
- 42% pengguna Linkedin mengupdate profilnya setiap hari.
- 35% pengguna Linkedin mengakses linkedin setiap hari.
- Namun, pengguna menghabiskan waktu hanya 17 menit setiap harinya secara rata-rata.
- 42% pengguna Linkedin mengakses website ini secara mobile, bukan lewat desktop.
Youtube: 12.00 – 16.00 di Hari Kerja dan 09.00 – 11.00 di Hari Libur
“Hari libur! Waktunya youtube-an”
Sering mendengar kalimat ini?
Pahami fakta ini!
- Data yang dilansir dari Youtube menyebutkan website mereka mendapatkan viewers tertinggi di hari Sabtu dan Minggu jam 9 hingga jam 11 pagi. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengguna libur di hari itu dan memiliki waktu luang untuk mengeksplor timeline youtube.
- Data lainnya menyebutkan saat para pekerja bosan, mereka akan membuka Youtube. Jam bosan pekerja yang berbanding lurus dengan bertambahnya viewers youtube adalah setelah jam makan siang (jam 12) hingga jam 4 sore. Menarik?
Facebook: 13.00 – 16.00 di Hari Kerja
Waktu terbaik untuk memposting konten di Facebook jatuh pada jam 1 siang hingga 4 sore di hari kerja.
Kenapa?
Pahami fakta ini!
- 88% pengguna Facebook berumur 18-29 tahun dan 84% berumr 30-49 tahun. Fakta demografi penduduk menyebutkan, 15-69 tahun adalah umur pekerja.
- 87% pekerja di dunia berkoneksi dengan rekan kerjanya lewat Facebook. Ini berarti 87% pekerja didunia menggunakan Facebook sebagai media sosial penghubung kerjanya dan berpotensi besar membuka Facebook di jam kerja.
Instagram: 11.00 – 13.00 dan 17.00 – 21.00!
“Waktunya istirahat dan rebahan! Buka IG dulu ah”
Sering mendengar kalimat tersebut, bahkan dari driver ojol di warung jalanan?
Pahami fakta ini!
- Instagram yang bersifat mobile apps, membuat kebanyakan pengguna otomatis menghindarinya di jam kerja.
- Kenapa rabu mendapatkan engangement paling tinggi? Hal ini belum terkuak alasannya!
Twitter: 12.00 – 01.00 di Hari Kerja!
Meski faktanya Twitter memiliki jam efektif paling panjang, tapi memposting konten Anda di jam makan siang akan menjadi konten terbaik.
Pahami fakta ini!
- 80% pengguna twitter mengakses aplikasi ini secara mobile! (ini kenapa jam makan siang jadi yang terbaik bagi Twitter!)
- Setiap harinya, 46% pengguna Twitter di seluruh dunia mengakses Twitter secara rutin. (saat ini pengguna Twitter berjumlah 446 juta!)
Itu dia fakta-fakta tentang waktu yang paling tepat untuk memposting di media sosial. Namun, jangan lupa untuk sesering mungkin menguji coba dan melakukan tes berkala. Hal ini dikarenakan sifat audience bisa berbeda-berbeda dari waktu ke waktu.
Tes berkala yang bisa dilakukan adalah, mencoba memposting konten yang sama di jam berbeda, dan evaluasi reaksi tertingginya. Atau, Anda juga dapat menggunakan media monitoring untuk mendapatkan data dan informasi di jam berapa sajakah konten Anda mendapatkan reaksi tertinggi.
Jadi, selamat mencoba dan semoga beruntung!
Baca juga tips media sosial lainnya: Mau Digital Marketing yang Efektif? Ini Cara Manfaatkan Media Sosial Sesuai Fungsinya