5
0

Tahu Social Media Listening Tools? Inilah Manfaatnya

5
0
Tahu Social Media Listening Tools? Inilah Manfaatnya

Selain media monitoring, ada sekarang ada juga istilah yang tak kalah populer, yaitu social media listening. Social media listening merupakan hal yang dapat membantu memahami konsumen maupun calon konsumen mengenai pandangan mengenai brand tertentu secara lebih mendalam. 

Apa itu Social Media Listening?

Sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari social media listening. Istilah lain seperti social listening, social media measurement, atau social media analytic adalah hal yang sama dengan social media listening.

Pertama-tama, istilah ini berangkatnya dari kata listening yang berarti mendengarkan. Sederhananya, social listening adalah mendengarkan berbagai pendapat audiens mengenai brand tertentu melalui media sosial. 

Hal ini sangat berguna untuk menunjang kegiatan pemasaran, khususnya social media marketing yang saat ini sedang naik daun digunakan oleh berbagai perusahaan 

Social Media Listening Tools

Dengan perkembangan teknologi yang sangat canggih di era digital saat ini, muncul berbagai software atau tools yang bisa membantu dalam kegiatan bisnis. Sama seperti media monitoring, dalam pelaksanaannya, terdapat tools yang bisa membantu mendapatkan hasilnya.

Social media listening tools adalah alat yang melacak platform media sosial untuk penyebutan dan percakapan mengenai brand atau produk tertentu Setelahnya dilanjutkan dengan tahap analisa untuk insight tertentu guna menemukan peluang. Nantinya, hal ini dapat menjadi penunjang dalam pengambilan keputusan.

Tools yang satu ini tak hanya melakukan pengukuran dalam platform media sosial. Social media tools juga bisa melacak dan melakukan pemantauan pada komentar di blog, forum, wiki, hingga situs web tertentu yang mempublikasikan sebuah informasi. Dengan jangkauan yang luas ini, maka bisa kamu lihat pula seberapa jauh kinerja perusahaan dan reputasinya.

Manfaat Social Media Listening Tools

Audiens adalah hal yang sangat penting dalam dunia pemasaran. Penting untuk memahami apa yang ada di pikiran audiens, sehingga perusahaan memerlukan hal ini untuk menunjang keberlangsungan bisnisnya. Tak hanya pemikiran audiens mengenai brand tertentu saja, namun juga pendapatnya mengenai berbagai produk pesaing dalam ranah bisnis yang sama

Terdapat berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan social media listening tools. Berikut adalah beberapa manfaatnya sebagaimana kami lansir dari synthesio: 

Melacak tren

Social media listening bisa menyajikan apa saja pendapat konsumen mengenai produk tertentu, termasuk mengenai tren. Tren sendiri adalah hal penting yang harus diperhatikan perusahaan dalam pengembangan pemasaran.

Mengidentifikasi influencer

Di era media sosial, influencer sangat berdampak dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen. Dengan social media listening tools, maka kamu bisa melacak influencer yang sekiranya berkaitan dengan produk milikmu.

Mengukur impact dari suatu campaign

Social media listening berguna untuk mengukur brand insight sejak sebelum memulai kampanye pemasaran hingga setelahnya. Jadi, kamu bisa tahu seberapa jauh keberhasilan dan jangkauan dari kampanye yang dilakukan.

Pengembangan produk

Feedback konsumen bisa kamu ketahui dari social media listening, baik itu yang positif atau negatif. Hal ini bisa jadi patokan untuk pengembangan produk kedepannya.

Mempertahankan keunggulan kompetitif

Apa yang pesaing lakukan dan pandangan konsumen mengenai pesaing perlu untuk diketahui. Bila sudah mengetahuinya, maka bisa membantu pengambilan keputusan perusahaan agar produk bisa lebih menarik dari pesaing.

Meningkatkan hubungan dengan pelanggan

Anda bisa “mendengar” segala pendapat hingga bagaimana pelanggan memandang suatu brand. Misalnya bila perusahaan menemukan feedback atau pendapat negatif mengenai brand, maka bisa jadi bahan evaluasi untuk mencapai loyalitas pelanggan jangka panjang.

Social media listening tools adalah alat yang sangat mempermudah perusahaan mempelajari berbagai pendapat konsumen di media sosial dan situs-situs tertentu sebagai bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pemasaran. Sehingga wajib bagi perusahaan untuk menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.