6
0

5 Social Media Listening Tools Free Untuk Bisnis Lebih Maju

6
0

Media sosial adalah strategi pertumbuhan serbaguna yang efektif saat ini. Kamu bisa memanfaatkannya untuk pemasaran, riset pasar, bahkan memantau perbincangan di jagat maya menggunakan social media listening tools free. Dari “listening” , kamu bisa tahu apa pendapat orang mengenai brand milikmu. 

Di era digital ini, social media listening merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Manfaatnya pun beragam. Misalnya, jika suatu merek terlalu sensitif terhadap komentar-komentar dari publik, brand itu mungkin perlu tools untuk memantau setiap jejaring sosial miliknya. 

Atau, jika perusahaan memiliki basis customer yang talkative yang ingin berinteraksi dengannya, perusahaan mungkin membatasi pemantauannya hanya pada jejaring sosial di mana pelanggannya paling vokal.

Social Media Listening Tools Gratis

Penting untuk selalu mengetahui apa yang orang katakan tentang brand milikmu, sebab reputasi di media sosial bisa meroket cepat, namun juga bisa terhempas seketika.

Ini sebabnya kamu butuh tools di mana kamu bisa melakukan social tracker, untuk mengidentifikasi mention, hastag terkait di media sosial, dan mengumpulkan informasi dari komentar, diskusi, pesan langsung, dan sebagainya. Ini dia beberapa social media listening tools gratis untuk kamu coba.

1. TweetDeck

Tools gratisan ini sudah lama dipakai para pengguna Twitter yang ingin membuat interface akun lebih customized. Kamu bisa memantau berbagai pengguna, tagar, istilah pencarian, dan daftar. Dari satu panel, kamu bisa melihat konten Twitter dari grup yang kamu inginkan, baik itu pelanggan, kompetitor, atau karyawan.

Meski gratis, TweetDeck adalah alat yang powerful terutama saat ada suatu diskusi atau topik yang sedang trending, di mana kamu bisa mengikuti percakapan langsung, sambil mengawasi apakah ada notifikasi atau mention ke brand.

2. Mention

Mention memiliki kapasitas untuk melacak jutaan sumber konten dalam 42 bahasa untuk memantau social mention dari brand di seluruh dunia. Tools ini cukup keren, di mana kamu bisa membandingkan merek milikmu dengan kompetitor. 

Ada juga fitur Tim agar karyawan di mana kamu dapat berkolaborasi dalam pengelolaan media sosial, yang akan sangat berguna sebagai fitur manajemen krisis. Kamu bahkan bisa menggunakan perangkat lunak untuk melacak kesuksesan media sosial milikmu, dengan platform apa pun yang kompatibel, termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dan Buffer.

3. BuzzSumo

BuzzSumo mengumpulkan data tentang jumlah tautan dan berbagi posting tertentu, serta memudahkan menganalisis kesuksesan brand milikmu di Facebook. Tool ini bisa memberimu informasi mengenai format konten Facebook apa yang berpotensi menghasilkan hasil terbaik di platform medsos milikmu.

Kamu bisa mengoneksikan ke Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan Reddit, kemudian tool ini akan memberi saran kapan waktu yang tepat untuk mengunggah, serta berapa panjang posting yang ideal. Unik sekali, kan?

4. Hootsuite

Cara kerja Hootsuite mirip seperti TweetDeck, tapi bisa digunakan untuk semua jaringan sosial. Dari dasbor, kamu dapat melakukan social media monitoring, penjadwalan, kampanye, dan analitik di satu tempat. Hootsuite terintegrasi dengan Twitter, LinkedIn, Facebook, Instagram, YouTube, dan Google+, dan gratis untuk akun individu. Sedangkan akun bisnis dan perusahaan harus membeli versi berbayar.

5. Buffer

Tool bisa ini memudahkanmu untuk menemukan percakapan yang paling penting dan bergabung di dalamnya. Sebab kamu dapat mengunggah konten dan terlibat langsung dengan audiens, dari satu dasbor terpusat melalui kotak masuk bersama tim. 

Kamu bisa mengintegrasikan bersama platform sosial yang didukung Buffer, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Pinterest.

Itulah beberapa social media listening tools free yang bisa kamu manfaatkan untuk pertumbuhan bisnismu. Kuncinya, jangan takut bereksperimen mencoba lebih dari satu tools, untuk mencari tahu mana yang secara efektif mampu memenuhi kebutuhan bisnismu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.