Bagi mereka yang sudah lama dalam dunia digital marketing tentu tidak asing dengan social media analysis. Inilah yang akan digunakan setiap hari, minggu bahkan bulan untuk melihat sejauh mana insight yang didapatkan dari sebuah campaign organik maupun berbayar yang dijalankan.

Lewat tool inilah kita bisa melihat apakah ada perkembangan jumlah followers, mana saja postingan yang memiliki performa yang tinggi, hingga berapa kali jumlah postingan dalam periode tertentu dipublikasikan.

Semua jawaban-jawaban tersebut bisa didapatkan lewat tool ini. Meskipun setiap platform memiliki analysis report-nya masing-masing, namun dengan bantuan tool analisis ini kita bisa mengintegrasikan berbagai media sosial dalam satu dashboard saja sehingga lebih mudah dilihat perbandingannya secara menyeluruh.

Apa itu social media analysis?

Social Media Analysis merupakan proses pengumpulan data dari berbagai platform media sosial agar kita bisa mendapatkan informasi dan membantu menerapkan atau menentukan strategi marketing selanjutnya.

Dengan menganalisa, kita bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang performa media sosial terhadap tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Apakah postingan-postingan tersebut berhasil mendapatkan impresi, klik atau mungkin lead yang diharapkan sebelumnya dengan mengetahuinya lewat social media analysis.

Proses pengumpulan data ini umumnya memang bisa dilakukan secara manual tetapi tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbeda jika kita menggunakan social media analysis tools seperti NoLimit Dashboard. Kita bisa menggabungkan berbagai tipe platform media sosial yang berbeda dalam satu dashboard yang sama sehingga lebih mudah untuk melihat perbandingannya secara real time.

Kamu tidak perlu lagi membuka dua halaman insight Facebook dan Twitter jika sudah menggunakan social media analysis tools. Cukup dengan satu halaman saja, kamu sudah bisa membandingkan berbagai jenis platform serta beberapa akun yang berbeda-beda dalam satu dashboard saja.

Daftar tool gratis dan berbayar

Setiap platform media sosial menyediakan dashboard laporannya masing-masing, seperti berikut ini.

  1. Facebook Insight
  2. Instagram Insight
  3. Twitter Analytics
  4. Linkedin Analytics
  5. YouTube Analytics
  6. TikTok Analytics
  7. Google Analytics

Dari beberapa daftar analytics tools tersebut terdapat beberapa yang bisa menggabungkan semuanya dalam satu dashboard yang sama, seperti

  • NoLimit Dashboard
  • Buffer Analyze
  • Sprout Social
  • Hootsuite
  • Keyhole
  • Iconosquare
  • Talkwalker, 
  • dan sebagainya.

Masing-masing tool tersebut tentu tidak sepenuhnya sempurna. Pasti ada kekurangan dan keterbatasan satu sama lain. Maka, tak heran jika brand ataupun agency akan membeli dua tool sekaligus untuk melengkapi kekurangannya satu sama lain.

Tentu saja ada banyak social media analytics tool di luar sana yang mungkin belum dikenal oleh kita semua. Ada banyak developer dari barbagai negara tak terkecuali Indonesia yang pada akhirnya bisa dan mampu mengembangkan sebuah tool untuk menganalisa media sosial sendiri seperti contoh adalah NoLimit Dashboard.

NoLimit Dashboard adalah aplikasi social media analysis berbasis aplikasi web sehingga audiens tidak perlu repot-repot unduh ataupun update aplikasi tersebut secara berkala. Inilah keunggulan aplikasi berbasis web yang lebih mudah untuk di-maintenance