3
0

Cara Menjadi Influencer Instagram yang Menghasilkan Uang

3
0
Cara Menjadi Influencer Instagram yang Menghasilkan Uang

Menjadi influencer Instagram yang menghasilkan uang perlu perjuangan. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Instagram sebagai media sosial masih dijadikan rujukan oleh generasi milenial dan generasi yang lahir di atas tahun 2000-an.

Menjadi influencer Instagram ibarat gunung es, tampilan menarik di permukaan harus didukung dan dipacu dengan kerja keras membuat konten yang menarik dan diminati audiens. Proses inilah yang dibutuhkan perjuangan dan usaha sebelum memonetisasi Instagram menjadi penghasil uang.

Sebagai influencer pemula, jangan tergiur dengan beli follower secara instan. Pasalnya selain akan menurunkan tingkat engagement, kualitas follower pun akan makin dipertanyakan oleh brand, jika suatu saat kamu akan bekerja sama atau mempromosikan produk tertentu.

Cara Menjadi Influencer Instagram

Tidak ada jalan pintas yang bisa ditempuh selain berusaha secara bertahap. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti berikut ini.

Gunakan foto profil pribadi daripada logo

Foto profil akan menjadi salah satu gerbang utama bagi audiens untuk mengenal influencer-nya. Maka, gunakanlah foto profil yang jelas, menarik, serta mencerminkan kepribadian yang ingin ditonjolkan. Usahakan wajah menghadap ke depan, bukan ke samping atau ke belakang.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan bahwa audiens akan dengan sukarela mengikuti seseorang karena cerita yang disajikan. Tak heran jika follower seorang influencer jumlahnya bisa lebih banyak daripada follower sebuah brand atau perusahaan. Audiens akan lebih tertarik den mengulik kehidupan seseorang dibandingkan sebuah brand yang orientasinya jelas menghasilkan penjualan.

Buat lebih personal

Apapun yang kamu unggah di Instagram, buatlah se-natural dan sepersonal mungkin. Audiens biasanya lebih suka dengan keseharian, hal yang ringan dan menyenangkan. Selain itu, audiens juga perlu sesekali mendapatkan insight, life hack, hingga tutorial yang berkaitan dengan keterampilan yang jarang didapatkan dari bangku sekolah. 

Selain itu, tips membuat foto lebih menarik pun tetap jadi salah satu tutorial yang paling banyak dicari. Tips-tips membuat video pendek maupun reels pun patut kamu coba untuk menaikkan engagement serta awareness dari para audiens baru.

Pastikan bio selalu terupdate

Selain foto profil, bio menjadi salah satu yang wajib mendapatkan perhatian penting. Bio menjadi etalase untuk mengenalkan dirimu pada audiens. Buatlah bio yang informatif sehingga audiens tertarik mengenal lebih jauh tentang diri kalian.

Agar bio lebih menarik, tambahkan beberapa ikon atau emoticon yang relevan, sehingga bio menjadi lebih berwarna dan menarik perhatian. Jika kamu seorang perencana keuangan, informasikan apa yang sudah kamu capai dan trik berinvestasi di usia muda dengan target tertentu. Artinya, setiap usaha dan upaya yang kamu lakukan terutama prestasi terbaru, bisa kamu tambahkan secara ringkas di bio.

Temukan niche influencer Instagram yang tepat

Mendapatkan tema yang klik dengan kita sendiri memang susah-susah gampang. Kamu perlu bereksperimen dan melakukan hal yang berbeda-beda secara terus menerus. Setelah itu, coba amati dan analisa. Mana, kira-kira yang menurut kamu menggambarkan diri kamu sendiri. Disitulah kamu bisa memilih niche apa yang sejalan dengan apa yang kamu sukai dan dibutuhkan oleh orang lain. Sehingga, akun Instagram kamu tidak terlalu random. Paling tidak ada satu tema besar yang bisa kamu usung.

Contoh sederhana misalnya influencer Instagram sebagai foodies, beauty influencer, travel influencer, dan lain sebagainya. Ada banyak niche menarik yang mungkin tidak terlalu mainstream sehingga kamu bisa menunjukkan keunikan diri kamu sendiri. Cobalah untuk selalu melakukan review secara jujur sehingga audiens benar-benar percaya dengan integritas serta kredibilitas kamu.

Apalagi saat ini beberapa brand dan agensi sudah menggunakan banyak tools social media listening seperti NoLimit Dashboard. Dengan tools inilah performa seorang influencer Instagram bisa diukur dengan mudah lewat apa yang sudah diunggah atau dikampanyekannya di Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published.