Jika sobat NoLimit adalah penikmat drama Korea, rasanya tidak mungkin kalian tidak mengenali nama Kim Seon-ho. Aktor yang naik daun berkat serial Start-Up ini kini tengah diterpa kabar tidak sedap mengenai isu dirinya melakukan pemaksaan aborsi terhadap sang mantan kekasih. Isu ini muncul berbarengan dengan selesainya serial drama Hometown Cha Cha Cha dimana ia berperan sebagai male lead.

Hometown Cha Cha Cha ini dibintangi oleh Kim Seon-ho, Shin Min-a, dan Lee Sang-yi. Serial yang merupakan remake dari film Korea tahun 2004 berjudul Mr. Handy, Mr. Hong ini merupakan salah satu serial dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel berdasarkan Naver, situs berita Korea.

Serial dengan nama lain Seaside Village Cha Cha Cha ini menceritakan seorang dokter gigi bernama Yoon Hyejin yang kehilangan pekerjaannya di Seoul dan memutuskan untuk pergi ke sebuah pedesaan di pinggir pantai bernama Gongjin, tempat dimana ia menghabiskan liburan masa kecilnya dengan ayah dan mendiang ibunya, dan kemudian tidak sengaja bertemu dengan Hong Dusik. Di desa ini pulalah Hyejin memutuskan untuk melanjutkan karirnya sebagai dokter gigi, dan kisahnya dengan penduduk di desa ini pun dimulai.

Top Talk

Drama Korea ini merupakan salah satu serial yang sukses dan ramai dibicarakan banyak orang. Berdasarkan analisis NoLimit Dashboard yang diambil pada tanggal 11 sampai 24 Oktober 2021, ada 8.695 pembicaraan mengenai Hometown Cha Cha Cha dengan jumlah pembicara sebanyak 6.323 orang.

Grafik perkembangan pembicaraan dan pembicara Hometown Cha Cha Cha dari tanggal 11 sampai 24 Oktober 2021 (sumber: NoLimit Dashboard)

Berdasarkan grafik di atas, bisa dilihat bahwa top talk-nya terjadi pada tanggal 20 Oktober 2021, tiga hari setelah episode terakhir Hometown Cha Cha Cha ditayangkan. Di hari tersebut, jumlah pembicaraannya ada sebanyak 1.417 dengan 1.238 pembicara.

Berikut ini beberapa cuitan netizen mengenai Hometown Cha Cha Cha pada tanggal 20 Oktober 2021.

Hometown Cha Cha Cha dan skandal Kim Seon-ho

Melalui NoLimit Dashboard, pengguna bisa melihat kata apa saja yang paling banyak disebutkan oleh netizen ketika menyebut suatu objek. Dalam hal ini, kita bisa melihat hal apa saja yang netizen sebutkan ketika membahas Hometown Cha Cha Cha.

Word cloud dari netizen yang membahas Hometown Cha Cha Cha (sumber: NoLimit Dashboard)

Yang paling banyak disebutkan oleh netizen ketika membahas drama ini adalah sang male lead actor, Kim Seon-ho. Dengan tagar #kimseonho, ia disebutkan setidaknya sebanyak 998 kali oleh netizen. Banyaknya netizen yang menyebutkan namanya sebetulnya bukan hal yang mengagetkan mengingat pada periode tersebut juga muncul rumor yang berkaitan dengan sang aktor.

Selain sang aktor, nama Gongjin juga berkali-kali disebutkan oleh netizen. Gongjin merupakan latar tempat serial Hometown Cha Cha Cha. Tempat ini digambarkan sebagai suatu desa di pinggir pantai dengan hasil laut yang berlimpah dan pemandangannya yang indah. Walau demikian, Gongjin bukanlah nama daerah betulan. Gongjin yang asli sebetulnya adalah Kota Pohang, kota pesisir yang terletak 272 km di sebelah tenggara Seoul.

Lalu ada juga karakter Yoon Hyejin, female lead yang diperankan oleh Shin Min-a. Netizen menyebut-nyebut karakter ini karena sifatnya yang sabar dan pengertian, walau di awal terlihat seperti warga kota yang angkuh dan sombong.

Kim Seon-ho dan isu pemaksaan aborsi

Santernya kabar Kim Seon-ho melakukan pemaksaan aborsi terhadap sang mantan pacar ini muncul hari Senin tanggal 18 Oktober 2021, tepat sehari setelah episode terakhir Hometown Cha Cha Cha ditayangkan. Melalui situs Nate Pann, wanita dengan inisial A ini mengklaim bahwa dirinya merupakan korban dari gaslighting dari sang aktor (yang pada awalnya namanya tidak disebut) dan juga dipaksa untuk melakukan aborsi.

Nama Kim Seon-ho mulai terseret karena salah satu media lokal mengunggah sebuah foto yang di-blur. Walau demikian, banyak netizen yang yakin bahwa foto tersebut adalah foto sang aktor.

https://twitter.com/Sone_ExoL_/status/1450145727703764994

Setelah kabar ini muncul, Kim Seon-ho akhirnya memberikan responnya. Melalui Allkpop, ia mengakui bahwa aktor yang dimaksud oleh perempuan berinisial A tersebut adalah dirinya. Ia mengungkapkan bahwa dia berhubungan dengan sang mantan kekasih dengan maksud baik, walau akhirnya malah menyakitinya.

Selain meminta maaf kepada sang mantan kekasih, ia juga meminta maaf kepada rekan-rekan kerjanya yang harus terciprat akibat dari rumor ini. Diketahui bahwa berbagai film dan produk komersil memutuskan membatalkan kerja sama dengan Kim Seon-ho dikarenakan isu ini. Bahkan Shin Min-a, aktris utama dari Hometown Cha Cha Cha juga harus menunda wawancaranya dikarenakan situasi ini.

Ramainya situasi ini membuat wanita berinisial A ini merasa bersalah karena pernyataan yang telah ia unggah. Setelah Kim Seon-ho mengunggah permintaan maafnya, sang mantan kekasih juga mengklaim bahwa ia telah menerima ucapan maaf dari sang aktor dan merasa bersalah karena telah membuat gaduh semua pihak. Ia juga memutuskan untuk menghapus semua tulisan terkait sang aktor.

Kini, berembus kabar bahwa setelah mengunggah permintaan maafnya, sang aktor dirawat di salah satu rumah sakit di kawasan Seongbok-gu. Bahkan, netizen kini dihebohkan dengan pengakuan orang-orang di sekitar Kim Seon-ho dan wanita A bahwa apa yang awalnya dibeberkan sang mantan kekasih bukanlah hal yang sebenarnya.

Bagaimana menurut sobat NoLimit? Tulis pendapatmu di komentar, ya!