Dalam digital marketing biasanya akan dilakukan campaign analysis untuk mengukur performa sebuah campaign. Proses pengukuran menggunakan beberapa tool yang digunakan termasuk membandingkan dengan campaign satu dengan yang lain berdasarkan metrik yang ada, contohnya seperti impresi, reach, click hingga ke CTRnya.

Campaign analysis adalah proses untuk mengidentifikasi campaign yang paling efektif maupun campaign yang paling tidak efektif berdasarkan objektif yang sudah ditentukan sebelumnya.

Contohnya, jika sebuah campaign bertujuan untuk meningkatkan awareness, maka salah satu output yang diukur dan dibandingkan adalah pencapaian impresinya atau sejauh mana dan seberapa banyak campaign tersebut menjangkau audiens.

Secara umum ada beberapa fungsi campaign analysis dalam digital marketing. Walaupun begitu, metode ini juga bisa digunakan oleh pranata humas dalam mengelola sebuah isu atau topik yang digulirkan kepada masyarakat.

Misalnya terkait dengan penerapan sebuah peraturan sehingga perlu diukur seberapa jauh dampaknya terhadap masyarakat, apakah ada penolakan atau sebaliknya. 

Hal-hal seperti itu tentu akan memberikan manfaat dan insight agar bisa menentukan langkah yang tepat dan terukur berdasarkan angka statistik atau metrik yang didapatkan. Beberapa fungsi lain campaign analysis adalah sebagai berikut inil

Memahami perilaku audiens

Salah satu fungsi utama dalam campaign analysis adalah memahami perilaku audiens. Dengan memahami perilaku audiens, Anda dapat memahami apa yang sebenarnya audiens inginkan. Anda juga bisa menentukan target market yang tepat. Mulai dari jenis kelamin, usia, profesi dan minat audiens tersebut terhadap produk atau brand yang memang sedang Anda kampanyekan.

Mencari template atau model campaign yang paling tepat dan minim budget dengan campaign analysis

Campaign tentu saja memerlukan budget. Agar budget bisa dikeluarkan secara maksimal dan efisien harus mampu menemukan dulu model atau template yang tepat untuk target audiens yang sudah ditentukan. Sehingga campaign yang terukur dan terarah sesuai dengan target yang menerima, akan menghasilkan convert atau purchase jika tujuannya pada penjualan.

Mengurangi campaign-campaign yang tidak efektif dan menghabiskan budget

Dalam proses learning tersebut, lewat campaign analysis inilah Anda bisa melihat perbandingan dan perbedaan mana saja campaign yang bagus dan tidak bagus. Sehingga ke depannya Anda bisa mengurangi membuat campaign-campaign yang kurang efektif. Dengan harapan budget akan lebih terkontrol dan bisa dimanfaatkan seefisien mungkin.

Memberikan rekomendasi untuk langkah selanjutnya

Dari review campaign analysis tersebut Anda bisa melihat laporan yang dijadikan sebagai rujukan untuk menentukan kebijakan strategis. Terutama jika hal tersebut berkaitan dengan kompetitor. Sehingga nantinya langkah-langkah yang Anda tempuh bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan keuntungan tetapi juga untuk menahan laju kompetitor.

Campaign analysis yang insightful bisa Anda dapatkan lewat NoLimit Dashboard. NoLimit akan membantu Anda mengumpulkan semua keyword dan memonotornya secara real time. NoLimit akan langsung memberikan rekomendasi berdasarkan data-data yang dikumpulkan sehingga langkah yang dibuat menjadi lebih berdasarkan data.