Jika ada social analytics tools yang gratis alias tidak berbayar, tentu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh perusahaan kecil yang baru dibangun. Namun, lambat laun kebutuhan akan semakin meningkat sehingga ada beberapa fitur yang biasanya tidak diberikan kepada para pengguna gratisan. 

Berlangganan social analytics tools bisa dikategorikan ke dalam kebutuhan yang mahal. Mengapa? Karena hasil analisa dari social analytics tools itulah yang tidak murah. Tidak mudah untuk mendapatkan data-data apalagi mengumpulkan berbagai percakapan lintas platform yang bisa digunakan untuk menentukan langkah dan kebijakan yang strategis bagi perusahaan. 

Oleh karena itu, tentu penting bagi setiap brand untuk mempertimbangkan harga social analytics tools dan fitur-fitur yang mereka berikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Nah, berikut ini NoLimit akan membagikan bocoran harga berbagai social analytics tools yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kalian membutuhkannya. Apa saja? Yuk simak terus sampai akhir ya.

#1 NoLimit Dashboard

NoLimit adalah salah satu social media listening tools terbaik yang dikembangkan oleh anak muda Indonesia. Ada beberapa produk yang dimiliki oleh NoLimit seperti NoLimit Dashboard yang akan membantu Anda untuk membandingkan performa brand satu dengan yang lain di media sosial atau yang lebih spesifik lagi membandingkan performa campaign secara multi platform. 

NoLimit memiliki tiga paket harga penawaran yaitu paket starter, paket lite dan paket advanced. Setiap paket-paketnya menawarkan beberapa fitur. Semakin tinggi paketnya, fitur yang disediakan pun semakin banyak. Untuk paket starter yang bisa memantau dua akun dan dua hashtag atau keyword dengan beberapa fitur lain ditawarkan mulai dari Rp1,5 juta per bulan. 

Sementara untuk paket advanced dengan fitur yang lebih banyak ditawarkan mulai dari Rp7,5 juta per bulan. Jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa kompetitor lokal maupun internasional dengan fitur yang tidak jauh berbeda.

#2 Buffer Analyze

Buffer Analyze adalah salah satu media analytics tools yang dapat membantu brand memutuskan atau mempersiapkan strategi untuk platform media sosialnya. Tools ini akan membantu Anda mengukur hasilnya tanpa merasa terbebani dengan banyaknya akun yang harus dikelola dan dianalisa. 

Beberapa analisa yang bisa didapatkan lewat Buffer Analyze seperti key metrics posting, audience insight hingga proses pembuatan report secara otomatis. Harga langganan tools ini mulai dari 35 USD sampai dengan 50 USD. 

#3 Zoho Social

Zoho dikenal sebagai salah satu platform CRM. Zoho Social juga menawarkan analisa media sosial serta audience insight dan strategi bagaimana meningkatkan engagement dari postingan-postingan yang dihasilkan. Zoho Social dapat mengintegrasikan beberapa platform dalam satu dashboard

Untuk mendapatkan report seperti reach dan engagement bisa didapatkan langsung dari Zoho Social tanpa harus membuka semua platform medsos dengan akun yang berbeda. Harga yang ditawarkan adalah harga dengan penagihan per tahun. Jika di-breakdown, beberapa paket yang disediakan ditawarkan mulai dari harga 10 USD sampai dengan 300 USD per bulan.

#4 Keyhole

Keyhole salah satu social analytics tools yang tidak hanya membantu Anda untuk menganalisa campaign tetapi juga memonitor event yang sedang diselenggarakan, performance influencer yang dipakai untuk campaign dan beberapa perbincangan yang spesifik membicarakan topik yang berhubungan dengan brand atau kata kunci yang memang berhubungan. Harga langganan mulai dari 49 dollar USD sampai dengan 199 dollar USD.

#5 Talkwalker

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh Talkwalker adalah pencarian keyword dan hashtag unlimited lintas platform media sosial hingga ke blog dan forum. Laporan yang diberikan mencakup mentions, sentimen, analisa percakapan dan lain sebagainya. Untuk harganya sendiri ditagihkan secara tahunan. Jika di-breakdown, harga perbulannya sekitar 800 dollar USD per bulan.

Kelima tool di atas adalah tool untuk social analytics yang bisa dipertimbangkan bagi kalian yang memiliki brand dan membutuhkan masukan untuk melakukan langkah-langkah strategis. Setiap platform tentu memiliki keunggulan tersendiri dengan variasi biaya yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan dengan keperluan dan budget-mu, ya!