Salah satu nama yang populer di telinga netizen saat ini, Rachel Vennya, tengah ramai diperbincangkan oleh netizen. Pasalnya, ia digadang-gadang kabur dari karantina yang wajib dilakukan bagi pelancong yang baru kembali dari luar negeri. Sebelumnya, wanita ini pergi ke Amerika Serikat untuk memenuhi undangan dari Erigo, brand lokal yang memamerkan koleksinya di New York Fashion Week 2021.

Indikasi kaburnya ibu dari dua anak ini muncul dari postingan akun Instagram-nya. Pada tanggal 21 September 2021, wanita yang sering dipanggil ‘buna’ oleh kedua anaknya serta netizen ini pulang dari New York. Akan tetapi, tiga hari kemudian, yakni pada tanggal 24 September 2021 Rachel Vennya sudah mengunggah foto-foto dari perayaan ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 23 September lalu.

Hal ini tentu saja semakin meyakinkan netizen bahwa selebgram tidak mematuhi aturan untuk karantina selama 8 hari. Ditambah lagi, muncul juga kabar bahwa dengan memilih Wisma Atlet Pademangan sebagai tempat karantina merupakan pelanggaran tersendiri. Wisma Atlet Pademangan merupakan fasilitas karantina yang disediakan bagi pekerja migran Indonesia, pelajar/mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri, atau pegawai pemerintah RI yang melaksanakan perjalanan dinas dari luar negeri.

Analisa NoLimit Dashboard tentang Rachel Vennya

Ramainya pembicaraan mengenai wanita yang akrab disapa Buna di media sosial ini membuatnya menarik untuk ditelaah. Oleh karena itu, NoLimit Dashboard mengamati percakapan mengenai Rachel Vennya sejak tanggal 21 September 2021 hingga tanggal 17 Oktober 2021. Tanggal ini diambil dari tanggal kepulangan Rachel Vennya dari Amerika Serikat.

Simak terus artikel ini ya!

Top Talk

Berdasarkan analisis NoLimit Dashboard yang diambil dari tanggal 21 September hingga 17 Oktober 2021, terdapat setidaknya 65.268 perbincangan yang membahas Rachel Vennya. Perbincangan ini melibatkan 38.709 talker atau pembicara.

Viral Rachel Vennya Kabur dari Karantina
Grafik pembicaraan mengenai Rachel Vennya dari tanggal 21 September hingga 17 Oktober 2021. Puncak pembicaraan terjadi pada tanggal 14 Oktober 2021 (sumber: NoLimit Dashboard)

Bisa dilihat dari grafik di atas bahwa top talk mengenai wanita kelahiran Jakarta ini terjadi pada tanggal 14 Oktober 2021. Pada tanggal tersebut, terdapat 23.272 pembicaraan dengan 15.150 pembicara. Angka ini merupakan angka yang cukup fantastis dan menunjukkan bahwa Rachel Vennya merupakan pembicaraan yang cukup hangat.

Berikut ini beberapa cuitan netizen tentang Rachel Vennya pada tanggal 14 Oktober 2021 yang paling banyak mendapatkan reaksi dari netizen lain.

Cuitan Terviral

Dari berbagai cuitan yang berseliweran di timeline, cuitan berikut dari seorang netizen bernama Razak Syarif merupakan yang paling banyak mendapatkan engagement dari pengguna Twitter lainnya.

Dalam cuitannya, Razak mempertanyakan bagaimana selebgram ini bisa menjadi terkenal seperti sekarang.

Top Media

Top media adalah kategori cuitan yang membahas suatu objek yang dibahas oleh media dengan follower terbanyak.

Berikut ini adalah top 3 media yang membahas Rachel Vennya berdasarkan NoLimit Dashboard.

Ketiga media di atas, yakni detikcom, Metro TV, dan tvOneNews mencuitkan kemungkinan hukuman yang akan didapatkan mantan istri dari Niko Al Hakim ini atas dugaan pelanggaran yang ia lakukan dan ia akan diperiksa oleh polisi pekan ini.

Top Influencer

Hasil analisa NoLimit Dashboard menunjukkan berbagai pembicaraan oleh netizen mengenai Rachel Vennya. Banyak diantara mereka yang tidak secara gamblang menyebut namanya, entah itu dengan ejaan yang berbeda atau menggunakan nama panggilan anak-anaknya kepadanya, yakni “buna”.

Berikut ini tiga cuitan influencer yang membahas selebgram ini pada tanggal 21 September hingga 17 Oktober 2021.

Reaksi netizen terhadap Rachel Vennya

Kaburnya wanita ini dari karantina dan sejumlah dugaan pelanggaran lain yang dituduhkan kepadanya tak ayal memicu berbagai reaksi dari netizen. Salah satunya adalah jargon “buna berhak bahagia” yang kerap digunakan oleh para penggemarnya yang kini diganti menjadi tagar #bunaberhakdipidana.

Dalam cuitannya, akun huftbosan mencantumkan screenshot yang ia jadikan alasan kenapa menurutnya Rachel Vennya bisa terjerat oleh UU Tindak Pidana Korupsi.

https://twitter.com/kailishajung/status/1448488407613591555

Ada juga netizen dengan username kailishajung mengutarakan kekecewaannya terhadap wanita berusia 26 tahun yang tidak menaati peraturan ini. Dalam cuitannya, netizen ini menceritakan bagaimana salah satu saudaranya yang harus dikarantina dan terpisah dari anak-anaknya, tanpa harus melanggar protokol kesehatan.

Di sisi lain, seorang netizen dengan username gentsemane memiliki pendapat lain. Menurutnya, walau tindakan Rachel Vennya tidak benar, netizen harus berhenti mengutarakan kata-kata yang tidak baik dan menerima permintaan maaf dari sang selebgram.

Bagaimana pendapat sobat NoLimit? Tuliskan pendapatmu di komentar, ya!