Hari ini, tanggal 13 Oktober 2021 akhirnya miHoYo meluncurkan versi terbaru dari game Genshin Impact. Peluncuran ini merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para fansnya setelah diumumkan pada tanggal 3 Oktober 2021 kemarin.

Genshin Impact sendiri merupakan salah satu game keluaran miHoYo, perusahaan pengembang game dan studio animasi asal Shanghai, China. Game ini memiliki format RPG dan saat ini tengah digandrungi banyak gamer, terutama remaja dan young adult karena plot ceritanya yang unik dan cara bermainnya yang relatif mudah.

Game yang disorot akan sistem gacha-nya ini berlatar dunia fiksional bernama Teyvat yang terdiri dari tujuh negara. Ketujuh negara ini berkaitan dengan elemen alam yang berbeda-beda dan masing-masing dikuasai oleh seorang dewa. Plotnya sendiri berkisar di Traveler yang berkelana mencari saudara kembarnya yang terpisah dengannya di Teyvat.

Nah, di versi terbaru game ini, yakni versi 2.2, miHoYo memperkenalkan Pulau Tsurumi yang berada di negara Inazuma. Pulau ini digambarkan sebagai sebuah pulau berkabut nan misterius yang menyediakan berbagai harta karun untuk dicari dan musuh untuk dilawan.

Perayaan satu tahun diluncurkannya game Genshin Impact serta peluncuran versi terbaru dari game ini sendiri juga membuat game ini menjadi salah satu yang banyak diperbincangkan oleh para netizen, bahkan sempat masuk ke trending topic. NoLimit akan mengulas pembicaran mengenai Genshin Impact melalui analisa dashboard kami, jadi baca terus artikel ini, ya!

Top Talk

Berdasarkan analisis NoLimit Dashboard pada tanggal 26 September sampai 4 Oktober 2021 kemarin, pembicaraan mengenai Genshin Impact ini terjadi terjadi sebanyak 3.100 kali dengan jumlah pembicara sebanyak 2.564 orang.

Grafik percakapan Genshin Impact (sumber: NoLimit Dashboard)

Berdasarkan grafik di atas, bisa dilihat bahwa top talk-nya terjadi pada tanggal 29 September 2021. Pada tanggal tersebut, jumlah pembicaraannya ada 933 pembicaraan dengan jumlah pembicara sebanyak 788 orang.

Pada tanggal 29 September ini, cuitan mengenai game ini meningkat dikarenakan adanya protes dari para gamers terhadap miHoYo. Tahun ini merupakan anniversary pertama dari game ini, namun banyak fans yang memprotes pengembang karena hanya memberikan …

Salah satu cuitan pada tanggal 29 September 2021 yang membahas anniversary Genshin Impact adalah cuitan di atas dari seorang netizen bernama Muti. Cuitan tersebut mendapatkan 500 retweet, 240 quote tweet, dan 1.932 likes.

Top Mentioned Character dan Top Tweet

Pada NoLimit Dashboard, pengguna bisa melihat kata kunci apa saja yang paling banyak disebutkan oleh netizen ketika membicarakan suatu topik. Nah, menurut pemantauan NoLimit Indonesia, berikut ini adalah kata-kata yang paling banyak disebutkan oleh netizen ketika membahas Genshin Impact yang dirangkum dalam bentuk word cloud.

Word cloud yang menggambarkan kata-kata yang paling banyak disebutkan oleh netizen ketika membahas Genshin Impact (sumber: NoLimit Indonesia)

Dari word cloud ini bisa dilihat bahwa ada beberapa karakter game yang disebut-sebut oleh netizen. Namun, tiga karakter yang paling banyak disebut adalah Kokomi, Qiqi, dan Xiao.

Tiga karakter Genshin Impact yang paling banyak disebut (sumber: NoLimit Dashboard)

Kokomi merupakan karakter yang dirilis di versi game yang sudah tayang sebelumnya, yakni versi 2.1. Karakter yang menggunakan elemen hydro dan senjata katalis ini disebutkan sebanyak 169 kali.

Cuitan di atas merupakan cuitan yang menyebutkan Kokomi dengan engagement terbanyak, yakni 38 replies, 3.924 retweet, 130 quote tweet, dan 17.999 likes.

Xiao adalah salah satu karakter Genshin Impact dengan elemen anemo dengan polearm sebagai senjatanya. Berdasarkan NoLimit Dashboard, Xiao disebutkan sebanyak 124 kali.

Salah satu cuitan yang menyebutkan Xiao adalah cuitan dari akun Narees17 yang membagikan fanart Xiao. Cuitan tersebut mendapatkan 2 retweet dan 2 likes.

Lalu karakter yang paling banyak disebutkan adalah Qiqi. Qiqi sendiri digambarkan sebagai karakter zombie berperawakan seperti seorang gadis kecil. Qiqi menggunakan elemen cryo dengan senjata pedang. Berdasarkan NoLimit Dashboard, Qiqi disebutkan sebanyak 110 kali.

Dalam cuitan di atas, akun Genshinmem membagikan sebuah fanart atau karikatur dari Qiqi. Cuitan tersebut mendapatkan lebih dari 3000 retweet dan 25 ribu likes. Cuitan ini juga menempati peringkat pertama top tweet yang membahas Genshin Impact.

Top Influencer

Berdasarkan analisis NoLimit Dashboard, top influencer yang membahas Genshin Impact adalah tubirfess. Akun tersebut saat ini memiliki 653.958 pengikut.

Cuitan tersebut mendapatkan 52 balasan, 5 retweet, 62 quote tweet, dan 50 likes.

Top Media

Selain top influencer, ada juga top media atau media yang membahas Genshin Impact dengan follower terbanyak dan engagement yang tinggi. Kali ini, top media-nya adalah detikcom yang memiliki 17 juta follower di Twitter.

Cuitan di atas mendapatkan 2 quote tweet dan 9 likes.

Popularitas membuat Genshin Impact tak lepas dari kritik maupun pujian. Tapi tentu saja Mihoyo selaku pengembang dari game ini terus menerus membuat pembaruan agar game ini terus menarik. Sudahkah sobat NoLimit mencoba bermain Genshin Impact?