Keyword monitoring umumnya dilakukan dalam dunia search engine optimization, sehingga brand bisa mengukur performa suatu keyword. Keberhasilan diukur berdasarkan peringkat di halaman hasil pencarian di Google, apakah keyword tersebut masuk ke dalam peringkat satu dua dan seterusnya. Ukuran keberhasilannya adalah ketika satu keyword berhasil masuk halaman pertama dengan peringkat tiga besar.

Keyword monitoring juga mencakup dalam dunia digital marketing secara umum. Bahkan brand juga membutuhkan keyword monitoring untuk melihat sentimen positif maupun negatif yang berkaitan dengan brand maupun produk. Melalui keyword monitoring tersebut brand ataupun produk bisa diukur performanya. 

Kesimpulannya keyword monitoring adalah proses untuk menelusuri sejauh mana keyword tersebut berdampak dan interaksinya dengan audiens. Umumnya keyword monitoring akan dianalisa baik dari sisi keuntungan maupun kerugiannya, positif maupun negatifnya.

Berikut ini adalah fungsi dan manfaat keyword monitoring.

  1. Mengidentifikasi keyword yang bekerja dengan baik sesuai tujuan.
  2. Meningkatkan brand awareness maupun revenue.
  3. Memonitor tingkat kompetisi dengan brand atau produk lain lewat keyword yang sama.
  4. Menganalisa sentimen yang ditimbulkan dari sebuah keyword.
  5. Keyword monitoring membantu laporan digital marketing secara umum.

1. Mengidentifikasi keyword yang bekerja dengan baik sesuai tujuan.

Salah satu fungsi keyword monitoring adalah membantu Anda mengidentifikasi keyword mana yang bekerja dengan baik sesuai dengan tujuannya. Artinya Anda bisa melihat seberapa besar dampak impresinya jika menggunakan salah satu keyword tertentu. Anda juga bisa membandingkan keyword mana yang paling banyak impresinya. Dengan begitu, Anda bisa mengarahkan keyword yang memiliki banyak impresi menjadi salah satu target untuk meningkatkan brand awareness maupun target CTR.

Di sisi lain, keyword monitoring juga akan membantu Anda mengidentifikasi apakah keyword tersebut diterima dan diperbincangkan secara positif oleh audiens ataupun sebaliknya. Sehingga Anda bisa menentukan kebijakan strategis dalam mengelola isu di media sosial atau dunia digital. 

2. Meningkatkan brand awareness maupun revenue.

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa transformasi digital membuat brand maupun perusahaan sangat concern terhadap brand awareness mereka secara online. Maka, dengan memonitor keyword tertentu tidak hanya mampu mengidentifikasi dampaknya tapi juga bisa membantu meningkatkan brand awareness sebuah brand bahkan tujuan yang lebih besar lagi adalah meningkatkan revenue.

Keyword menjadi salah satu peranan paling penting dalam dunia digital marketing. Karena umumnya audiens akan mencari keyword tertentu saat mencari informasi ataupun sudah siap membeli produk sesuai dengan kebutuhannya. 

3. Memonitor tingkat kompetisi dengan brand atau produk lain lewat keyword yang sama.

Selain dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja internal, keyword juga bisa membantu Anda untuk memonitor tingkat kompetisinya. Karena bisa saja satu keyword yang sama digunakan oleh perusahaan yang berbeda dengan tujuan yang sama. 

Anda bisa memonitor apa saja yang sudah dilakukan kompetitor lewat keyword monitoring. Anda juga bisa melihat dampak brand atau produk kompetitor lewat keyword monitoring sehingga bisa menentukan langkah strategis untuk menghadapi kompetitor dengan keputusan berdasarkan data. 

4. Menganalisa sentimen yang ditimbulkan dari sebuah keyword.

Selain dalam dunia digital marketing yang berkaitan dengan sales dan revenue. Keyword juga berkaitan dengan nama baik sebuah brand. Para humas atau pranata komunikasi yang memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan, dapat terbantu dengan memonitor keyword tertentu. 

Keyword-keyword ini bisa saja digunakan tidak hanya di media sosial tetapi juga di portal online hingga ke media konvensional seperti televisi, radio dan media cetak. Analisa keyword bagi pranata humas, akan membantu dalam merespon isu dengan tepat lewat sentimen yang ditimbulkan dari keyword tersebut. 

5. Keyword monitoring membantu laporan digital marketing secara umum.

Keyword monitoring menjadi salah satu indikator pengukuran performa dalam digital marketing, secara spesifik banyak digunakan dalam dunia Search Engine Optimization. Keyword monitoring juga bisa mempermudah dalam reporting setiap bulan kepada manajemen maupun pada klien.

Untuk mempermudah proses keyword monitoring dengan beberapa fungsi dan manfaat yang sudah disebutkan, Anda bisa mencoba NoLimit Dashboard yang memiliki keunggulan dalam keyword monitoring dari berbagai platform dalam satu tampilan saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot melihat laporan performa sebuah keyword dari berbagai platform secara terpisah.

NoLimit Dashboard memberikan kemudahan bagi digital marketer maupun pranata humas dalam memonitor keyword secara real time setiap saat. Pengambilan data keyword digunakan untuk memantau perbincangan spesifik terkait produk, layanan, atau isu-isu yang muncul di media sosial dengan langkah yang mudah dan berbasis web.