Bagi sebuah brand, menggunakan social listening tool kini menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, selama masa pandemi digital transformasi menjadi pilihan yang tidak bisa ditawar lagi. Sementara itu, brand perlu memantau dan mendengarkan percakapan lintas media sosial dan platform online. Agar tidak ketinggalan serta bisa memahami audiens dan langkah kompetitor, social listening tool inilah yang banyak diandalkan dalam bisnis.

Ada cukup banyak pilihan social listening tool dari dalam dan luar negeri. Fitur-fiturnya pun tak kalah canggih. Beberapa tool dari luar negeri menghadirkan layanan yang lebih lengkap, sehingga mampu membantu brand atau agensi mengatur dan mengelola beberapa platform media sosial dalam satu dashboard yang sama. Sehingga pengelolaan, pengaturan, hingga pemantauan bisa lebih mudah dan efisien karena dapat dilakukan dalam satu social listening tool saja.

Brand kini mulai menyadari betapa pentingnya social listening tool yang dulu hanya digunakan untuk menjaga reputasi atau nama brand saja. Kini, social listening tool bisa dikembangkan untuk memahami kebutuhan audiens sehingga ada langkah strategis yang bisa dilakukan untuk menciptakan produk baru atau bisa saja meningkatkan atau memperbaiki produk yang sudah ada.

Beberapa social listening tool memang dianggap cukup mahal apalagi jika berasal dari luar negeri. Namun demikian, Anda tetap bisa mencobanya atau menggunakan versi demo. Kira-kira berapa ya harga social listening tool?

#1 NoLimit Dashboard

NoLimit Indonesia adalah salah satu social listening tool terbaik yang dikembangkan oleh anak muda Indonesia. Salah satu produk yang dimiliki oleh NoLimit Indonesia seperti NoLimit Dashboard yang akan membantu Anda untuk membandingkan performa brand satu dengan yang lain di media sosial atau yang lebih spesifik lagi membandingkan performa campaign secara multi-platform. 

NoLimit memiliki tiga paket harga penawaran yaitu Paket Starter, Paket Lite, dan Paket Advanced. Setiap paket-paketnya menawarkan bermacam-macam fitur. Semakin tinggi paketnya, fitur yang disediakan pun semakin banyak. Untuk Paket Starter yang bisa memantau dua akun dan dua hashtag atau keyword dengan beberapa fitur lain ditawarkan mulai dari Rp1,5 juta per bulan. 

Sementara untuk Paket Advanced dengan fitur yang lebih banyak ditawarkan mulai dari Rp7,5 juta per bulan. Jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa kompetitor lokal maupun internasional dengan fitur yang tidak jauh berbeda.

#2 SocialBakers

Socialbakers menjadi salah satu solusi alternatif yang ditawarkan dan cukup banyak digunakan oleh para agensi. Selain content strategy, SocialBakers juga menawarkan social listening and intelligence serta social media management. Selain itu, SocialBakers juga sudah bisa diintegrasikan dengan omni-channel sehingga laporan yang dihasilkan lebih komprehensif.

Harga yang ditawarkan oleh SocialBakers dengan metode pembayaran yang ditagihkan di muka secara tahunan. Karena akan jauh lebih murah jika memilih paket bulanan. Untuk paket tahunan, dikenakan biaya bulanan sekitar 200 USD atau 2400 USD per tahun. Sementara untuk paket per bulannya ditawarkan 240 USD. Paket tersebut sudah paket lengkap untuk mengelola maksimal hingga 10 profil.

#3 Brand24

Brand24 cukup andal digunakan sebagai salah satu social listening tools yang berpengalaman. Beberapa pelanggannya berasal dari dalam serta luar negeri. Brand24 mengklaim dapat membantu Anda menelusuri jejak digital secara global.

Dengan penawaran tersebut tentu harganya juga tidak main-main. Untuk paket personal ditawarkan mulai dari 49 USD per bulan dengan fitur untuk 5 pengguna dan beberapa kuota yang diberikan. Seperti limit penelusuran keyword, mention, hingga analisis dari media sosial maupun platform lainnya. Untuk paket premiumnya dibandrol hingga 299 USD.  

#4 Hubspot Social 

Hubspot sudah lama dikenal sebagai salah satu social listening tool yang juga cukup banyak dikenal para expert di dunia digital maupun marketing communication. Untuk paket langganannya dimulai dari harga 45 USD yang ditagihkan sekaligus per tahun hingga Paket Enterprise sampai dengan 3.400 dollar USD per bulan. 

#5 Sprout Social

Sprout Social cukup dikenal sebagai salah satu social listening tool terbaik. Sprout Social bukan hanya membantu memonitor percakapan di lintas platform tetapi juga memberikan kemudahan dalam pengelolaan akun-akun media sosial dalam satu platform saja. Harga langganannya dimulai dari 85 dollar USD per user per bulan.

NoLimit sudah menjelaskan berbagai tool untuk social listening beserta harga dari paket-paket yang ditawarkan. Platform dan paket mana yang mau dipilih tentu disesuaikan dengan kebutuhan serta budget dari sobat NoLimit sekalian.