Memiliki follower Instagram organik kini menjadi salah satu aspek yang dilihat oleh brand ketika memilih influencer atau KOL ketika akan melakukan suatu campaign. Tentunya sudah bukan rahasia lagi jika banyak di antara influencer atau KOL tersebut yang membeli follower agar terlihat banyak secara kuantitas. Namun, ketika dilihat engagement-nya, angkanya justru kecil dan tidak seimbang dengan jumlah follower yang dimiliki.

Memiliki engagement rate yang seimbang dengan jumlah followernya merupakan hal penting. Oleh karenanya, walau brand memilih influencer dengan jumlah follower yang banyak, mereka akan melihat apakah jumlah follower organiknya mendominasi atau tidak.

Selain itu, mempunyai follower instagram organik juga menunjukkan bahwa akun tersebut dimiliki oleh orang atau badan yang memang ada di dunia nyata dan memiliki reputasi.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan follower secara organik berjalan secara bertahap dan membutuhkan waktu. Jarang sekali ada pertumbuhan organik secara masif, kecuali jika yang memiliki akun merupakan public figure, viral, atau keduanya.

Walaupun demikian, bukan tidak mungkin kita bisa meningkatkan pertumbuhan follower Instagram secara organik. Simak terus artikel ini agar kamu bisa meningkatkan engagement rate dan follower organik akun Instagram-mu.

Bagaimana cara meningkatkan engagement rate dan follower organik di Instagram?

#1 Formula utama adalah konsistensi

Kesuksesan di media daring pun tidak terlepas dari konsistensi dalam memproduksi konten. Konten-konten yang diproduksi secara konsisten akan mendatangkan audiensnya tersendiri. Konten akan menjadi magnet bagi audiens. Maka, konten harus disesuaikan dengan image atau citra brand ataupun produk yang hendak dijual. 

#2 Buat strategi penjadwalan konten secara rutin

Perlu diingat bahwa audiens masing-masing akun berbeda-beda. Jadi, untuk melihat kapan audiens aktif di Instagram adalah dengan melihat insight di akun masing-masing. Dari insight itulah Anda bisa menentukan strategi penjadwalan konten secara rutin di waktu yang tepat yaitu saat audiens Anda memang sedang aktif di Instagram.

#3  Buat profil yang menarik perhatian 

Membuat profil tampak menarik perhatian mungkin dianggap sederhana saja. Padahal ada beberapa elemen yang menjadikan profil tampak lebih menarik bagi audiens baru. Urusan tata letak dan ukuran foto pun menjadi salah satu yang perlu dipikirkan. Pilih gambar yang punya resolusi tinggi serta tidak buram. 

Gunakan username yang mudah diingat dan catchy. Sesuaikan juga username akun Instagram Anda dengan brand atau image brand. Hindari menggunakan username yang rumit, sulit diingat apalagi alay dengan perpaduan angka dan huruf. Kecuali jika punya makna yang kuat atau nomor tersebut sudah dikenal audiens sebagai identitas brand Anda. Pastikan nama username tidak diubah-ubah dan digunakan secara seragam di platform yang berbeda. Sehingga audiens bisa mengenal dengan baik brand Anda dari username-nya saja. 

Jangan lupa untuk melengkapi deskripsi profil secara singkat dan jelas. Kenalkan brand Anda dan apa tujuannya. Jangan lupa lengkapi semua informasi platform yang bisa menghubungkan audiens pada brand secara langsung, seperti nomor telepon, alamat email, alamat kantor dan lain sebagainya.  

#4  Gunakan riset sederhana dalam memilih hashtag

Hashtag diciptakan agar semua bisa dikategorikan dalam satu kata kunci yang sama. Tentu hashtag harus relevan dengan konten yang dihasilkan. Semakin relevan dan semakin spesifik hastag yang digunakan, semakin membantu audiens mengingat dengan mudah dan mengasosiasikan langsung dengan brand Anda. Untuk hashtag yang bersifat general pun tetap bisa digunakan untuk menambah impresi. Yang penting harus tetap relevan antara penggunaan hashtag dengan konten yang dipublikasikan. 

#5  Pahami apa yang dibutuhkan oleh audiens dan follower Instagram

Semakin Anda mengenal audiens target Anda, akan semakin mudah menjual produk Anda. Persona audiens akan membantu Anda semakin mempertajam konten serta membantu dalam mengembangkan produk. Maka, kenali audiens Anda dengan baik. Semakin Anda mengenal audiens Anda, akan semakin mudah untuk mengetahui apa yang dibutuhkan. Sehingga Anda pun bisa memberikan konten yang tepat untuk target audiens Anda. 

Untuk membantu meningkatkan followers Instagram secara organik pun bisa dimulai dengan mengenali konten-konten yang memiliki engagement rate tinggi. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada konten-konten yang mendapatkan interaction lebih tinggi. 

Untuk mengidentifikasi konten-konten terbaik itulah Anda membutuhkan content analysis tool yang ditawarkan oleh NoLimit Dashboard. NoLimit akan membantu Anda mengenali audiens dengan baik sehingga Anda bisa menghasilkan konten yang sesuai dengan audiens target Anda.