Squid Game adalah salah satu serial televisi dari Korea Selatan bergenre survival drama yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Dirilis secara eksklusif di di Netflix, serial ini dirilis pada tanggal 17 September 2021 dan sejak saat itu menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan dan berbagai platform.

Serial yang dibintangi oleh Lee Jungjae, Park Haesoo, dan Wi Hajoon ini mengisahkan sekelompok orang yang diundang untuk mengikuti sebuah permainan survival misterius. Pemenang dari permainan ini dijanjikan mendapatkan hadiah 45,6 milyar won atau setara dengan sekitar 5,5 trilyun rupiah.

Serial yang ditulis dan disutradai oleh Hwang Donghyuk ini merupakan salah satu serial yang paling banyak diperbincangkan di kuartal ketiga tahun 2021 ini. Di Indonesia sendiri, antusiasme netizen terhadap Squid Game juga tidak kalah ramai.

Dari data yang diambil dari NoLimit Dashboard dari tanggal 14 September hingga 3 Oktober 2021, terdapat berbagai info yang bisa dibahas mengenai viralnya serial Squid Game ini. Simak terus artikel ini ya, sobat NoLimit!

Salah satu serial Netflix terbesar tahun 2021

Berdasarkan analisa NoLimit Dashboard yang diambil dari tanggal 17 September hingga 4 Oktober 2021, terdapat 15.971 jumlah pembicaraan mengenai Squid Game dengan pembicara sejumlah 14.229 orang. Angka ini menunjukkan kesuksesan Squid Game dalam menarik minat netizen Indonesia.

Grafik perkembangan pembicaraan dan pembicara Squid Game berdasarkan data yang diambil dari tanggal 17 September 2021 hingga tanggal 4 Oktober 2021 (sumber: NoLimit Dashboard)

Berdasarkan grafik di atas, bisa dilihat bahwa top talk-nya terjadi pada tanggal 19 September 2021, dua hari setelah tanggal rilisnya Squid Game di Netflix. Di hari itu, terdapat 1.633 pembicaraan dengan jumlah pembicara sebanyak 1.443 orang.

Mirip Alice in Borderland?

Berdasarkan wordcloud di NoLimit Dashboard, terdapat beberapa kata yang paling banyak disebutkan oleh netizen saat membicarakan Squid Game, salah satunya adalah serial Alice in Borderland.

Wordcloud dari topik Squid Game (sumber: NoLimit Dashboard)

Tema yang diusung dalam serial ini tak ayal membuatnya dibanding-bandingkan dengan Alice in Borderland, serial Netflix asal Jepang yang sudah terlebih dahulu tayang. Hal tersebut memicu reaksi dari fans kedua serial. Salah satunya adalah cuitan dari salah satu netizen berikut ini.

Cuitan dari netizen bernama Nanda ini mendapatkan cukup banyak respon, yakni 244 replies, 2.704 retweet, 718 quote tweet, dan 18.389 likes.

Selain Nanda, cuitan dari pengguna yamizux yang membahas Alice in Borderland dalam cuitannya ini juga mendapat cukup banyak respon, yakni 8 replies, 6 retweet, 3 quote tweets, dan 51 likes.

Di antara keributan yang dibuat antara fans Squid Game dengan Alice in Borderland, ada salah satu cuitan yang di-posting oleh WatchmenID yang menanggapi fenomena tersebut dan mendapatkan 1100 likes.

Cuitan WatchmenID yang merespon perdebatan netizen mengenai Squid Game vs Alice in Borderland ini pun mendapat respon yang cukup ramai, yaitu 31 replies, 435 retweet, 60 quote tweet, dan 1.111 likes.

Karakter Squid Game yang paling banyak disebut

Menurut analisis NoLimit Dashboard, ada beberapa karakter dari serial Squid Game yang namanya paling sering disebut-sebut oleh netizen. Dari nama-nama tersebut ada tiga yang paling banyak disebut, yakni Seong Gihoon, Sae Byeok, dan Cho Sangwoo.

karakter yang paling banyak disebut dalam Squid Game
Tiga karakter yang paling banyak disebut dalam Squid Game (sumber: NoLimit Dashboard)

Seong Gihoon, karakter utama yang diperankan oleh aktor Lee Jungjae mendapatkan 138 talks. Tidak jauh dari Gihoon, Sae Byeok, salah satu karakter wanita di Squid Game yang diperankan oleh Jung Hoyeon ini mendapatkan 136 talks. Lalu ada juga karakter Cho Sangwoo, karakter yang digambarkan sebagai sahabat dari Gihoon dan diperankan oleh aktor Park Haesoo, yang disebutkan sebanyak 53 kali.

Cuitan Squid Game terviral

Alur cerita yang lain dari biasanya dan kegandrungan netizen Indonesia terhadap genre drama Korea saat ini sangat mempengaruhi viralnya serial televisi ini. Tak ayal, netizen pun mengutarakan reaksi mereka terhadap serial ini melalui postingan di berbagai media sosial.

Salah satu dari netizen tersebut adalah pengguna Twitter azlyamalika yang mempertanyakan kapan Ali, salah satu karakter dalam Squid Game, melaksanakan ibadahnya.

Relevansi dari apa yang dibahas dengan netizen Indonesia yang mayoritas beragama Islam menjadi salah satu faktor mengapa banyak netizen yang me-retweet cuitan ini.

Selain itu, ada juga pengguna aulianzl_ dan Jesslyn Callista yang ikut meramaikan perbincangan mengenai Squid Game dan mendapat banyak respon dari netizen.

Top Influencer

Top influencer adalah cuitan mengenai suatu objek—dalam case ini adalah kata kunci Squid Game—yang dipost oleh akun influencer, atau akun pribadi dengan follower terbanyak. Dalam kasus ini, cuitan dari Fiersa Besari menjadi top influencer dengan jumlah pengikut atau follower sebanyak 9,3 juta orang. Cuitannya sendiri mendapatkan 447 retweet, 114 quote tweets, dan 8.379 likes.

Dalam cuitannya, Bung Fiersa mengutarakan pendapatnya tentang serial ini yang dirasa terlalu bertele-tele.

Selain itu ada juga pengguna aldapstsr dan hansdavidian yang memberikan pendapatnya mengenai serial ini.

Top Media

Top media adalah kategori cuitan yang membahas suatu objek yang dibahas oleh media dengan follower terbanyak.

Berikut ini adalah top 3 media yang membahas Squid Game berdasarkan NoLimit Dashboard.

Cuitan dari Detik.com di atas membahas permainan anak di tahun 70-an yang merupakan inspirasi dari serial asal Korea Selatan ini. Cuitan tersebut mendapatkan

Hingga saat artikel ini ditayangkan, pembicaraan mengenai Squid Game masih menjadi perbincangan yang menarik minat banyak netizen Indonesia. Bagaimana, apakah sobat NoLimit salah satunya?