Social analytics biasanya digunakan oleh para digital marketer maupun social media specialist dalam mengukur campaign maupun reach content yang dipost lewat media sosial. Hal inilah yang akan menjadi parameter atau ukuran keberhasilan sebuah campaign atau konten yang dipublikasi.

Anda bisa mengetahui keberhasilan sebuah konten atau iklan mulai dari impresinya, kliknya, hingga sentimen yang ditimbulkan dari postingan-postingan yang diproduksi atau yang dibuat.

Social analytics adalah salah satu alat untuk memonitor, mengukur, menganalisa dan menerjemahkan interaksi maupun hubungannya antara konten yang dibuat atau diproduksi dengan pengguna media sosial. Pengguna yang dimaksud dalam hal ini adalah follower atau pengguna media sosial yang melihat atau mendapatkan konten-konten yang diproduksi dan dipublikasi.

Proses analisa ini bisa melalui interaksi atau engagement, viralitas, penelusuran ide, topik atau kata kunci tertentu sehingga bisa memberikan insight kepada user atau pengguna.

Jika Anda mengelola banyak platform media sosial, Anda membutuhkan sebuah tool atau alat yang mampu menganalisa berbagai platform dalam satu media atau medium yaitu Social Analytics Tools.

NoLimit sudah merangkum beberapa tools untuk social analytics di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Simak daftarnya berikut ini.

1. NoLimit

NoLimit adalah salah satu Social Analytics Tools Indonesia terbaik 2021 yang dikembangkan oleh sejumlah anak muda di Indonesia. NoLimit adalah tools yang membantu Anda untuk melakukan monitoring media sosial berbasis web sehingga memudahkan dalam memantau maupun menganalisa data, terutama perbincangan di media sosial. Analisa ini dilakukan dengan mengamati perkembangan akun, tanda pagar, maupun kata kunci tertentu.

Selain itu, NoLimit juga dapat memantau campaign online yang sedang dijalankan. Salah satu tolak ukur dari pemantauan yang dilakukan adalah perkembangan engagement dan interaction.

NoLimit juga mampu memberikan sentimen analisis sehingga brand atau perusahaan bisa menentukan langkah selanjutnya terhadap sebuah isu yang muncul atau tiba-tiba banyak diperbincangkan di media online maupun media sosial.

Hal ini menjadi salah satu langkah yang membantu brand dalam menentukan kebijakan strategis.

2. Sprout Social

Sprout Social adalah tool social analytics yang dapat mengidentifikasi kebiasaan atau perilaku follower di media sosial. Sprout social banyak digunakan para marketing expert dalam menganalisa engagement maupun interaksi media sosial.

Sprout Social menjadi salah satu rekomendasi social analytics tool karena dianggap lebih mudah dipahami dashboard-nya sehingga bisa digunakan oleh orang awam sekalipun.

3. BuzzSumo

Buzzsumo adalah salah satu social analytics tool yang membantu para digital expert maupun kreator konten dalam menemukan konten-konten yang sedang tren sehingga bisa digunakan atau dikurasi untuk memproduksi konten-konten yang lebih baik.

BuzzSumo juga memiliki berbagai fitur, mulai dari analisa konten hingga analisa konten kompetitor.

4. Snaplytics

Snaplytics adalah social analytics tool yang berbasis komputasi awan (cloud computation) yang akan membantu Anda untuk mengatur dan mengintegrasikan berbagai platform media sosial seperti Snapchat dan Instagram stories melalui publikasi yang terjadwal, konten yang diproduksi, reporting atau laporan konten-konten yang diproduksi maupun kolaborasi di dalamnya. 

5. Indonesia Indicator

Indonesia Indicator adalah salah satu social analytics tool yang akan membantu Anda untuk menyaring dan memantau topik maupun isu lewat perbincangan di media sosial maupun pemberitaan di media online maupun media cetak serta media konvensional seperti televisi nasional.

Beberapa social analytics tool tersebut menjadi hal yang sangat dibutuhkan brand saat ini. Apalagi perusahaan kini sudah banyak yang bertransformasi dari offline ke online. Sehingga voice di media sosial menjadi salah satu hal yang bisa dianalisa untuk menentukan kebijakan-kebijakan strategis.