Pada masa lalu, Social Media Monitoring bukan menjadi salah satu hal yang penting dan dipertimbangkan untuk dimiliki sebuah brand. Tetapi, dengan masifnya penggunaan media sosial untuk sebuah campaign bahkan bisa mengubah opini masyarakat luas, efeknya ternyata sangat penting, luas dan juga punya implikasi mengubah kebijakan.

Jika kita sederhanakan, social media monitoring adalah alat untuk mengukur perkembangan atau aktivitas percakapan maupun interaksi di dalam sebuah platform social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Linkedin, dan lain sebagainya.

Tidak bisa dimungkiri bahwa saat ini social media juga menjadi salah satu tools yang banyak digunakan oleh para digital marketers untuk memasarkan produknya atau menggaet konsumen baru. Bagi pemilik brand, social media monitoring bukan lagi sebagai alat untuk menganalisa percakapan tetapi lebih dalam lagi bagaimana sebuah produk bisa diterima oleh masyarakat hanya dengan memantau perkembangannya di social media.

Social media monitoring kini menjadi sangat penting karena brand bisa menganalisa sumber-sumber yang mengangkat topik positif maupun menyerang brand sehingga brand bisa memutuskan sebuah langkah yang bijaksana. Beberapa poin yang dapat dimanfaatkan lewat social media monitoring seperti sentimen terhadap brand, berita viral, analisa kompetitor, maupun memantau respon masyarakat terhadap sebuah topik, kata kunci atau perbincangan tertentu yang dibutuhkan oleh brand.

Anda bisa mempelajari serta mengetahui kelebihan beberapa social media monitoring terbaik 2021 dalam daftar berikut ini:

NoLimit

NoLimit adalah salah satu social media monitoring terbaik 2021 yang dikembangkan oleh sejumlah anak muda di Indonesia. NoLimit adalah tools media monitoring berbasis web sehingga memudahkan dalam memantau maupun menganalisa data-data terutama perbincangan di media sosial dengan mengamati perkembangan akun, tanda pagar, maupun kata kunci tertentu.

Selain itu, NoLimit juga dapat memantau campaign online yang sedang dijalankan. Pemantauan yang dilakukan salah satu tolak ukurnya adalah perkembangan engagement dan interaction. NoLimit juga mampu memberikan sentimen analisis sehingga brand atau perusahaan bisa menentukan langkah selanjutnya terhadap sebuah isu yang muncul atau tiba-tiba banyak diperbincangkan di media online maupun media sosial. 

Hal ini menjadi salah satu langkah yang membatu brand dalam menentukan kebijakan strategis.

Hootsuite

Hootsuite terbilang yang paling banyak dikenal oleh para digital marketers. Hootsuite memiliki beberapa fitur unggulan. Selain menjadi platform yang menggabungkan beberapa platform media sosial didalan satu tools, Hootsuite juga kini menawarkan analisa dalam bentuk Hootsuite Insight. Sehingga para social media specialist kini bisa langsung menggunakan satu tools yang salam untuk social media management dan analytics.

Hootsuite menawarkan versi gratis dengan fitur yang terbatas. Bagi para pemilik usaha UMKM, bisa memanfaatkan Hootsuite sebagai salah salah satu social media management yang cukup bisa diandalkan. 

Talkwalker

Talkwalker memberikan kemampuan dalam menganalisa brand lintas platform dan social media. Talkwalker cukup bisa diandalkan tidak hanya mengolah data-data dalam bentuk teks tetapi juga sudah mampu mengolah data dalam bentuk gambar lewat teknologi image recognition. Selain itu, Talkwalker juga menggabungkan pemantauan campaign secara online maupun offline seperti iklan lewat televisi maupun radio yang kini dianggap sebagai metode pemasaran konvensional. 

Sprout Social

Salah satu social media monitoring tools yang banyak digunakan beberapa perusahaan rintisan atau startup adalah Sprout Social. Tools ini mampu memonitoring interaksi maupun engagement sebuah media sosial dengan platform yang berbeda-beda. Data-data dari Sprout Social cukup komprehensif sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis atau pun memonitor crowds lintas platform untuk kebutuhan pemantauan brand. 

BrandWatch

Secara spesifik brandwatch memang mendedikasikan toolsnya untuk memantau dan memonitor brand secara digital, online, realtime, dan 24 jam. Brandwatch mampu mengolah jutaan data dalam sekali waktu. Brandwatch menawarkan monitoring secara komprehensif mulai dari website hingga beberapa platform social media. Nantinya data-data tersebut disatukan dalam sebuah warehouse atau gudang data sehingga bisa diolah dan dianalisa secara lebih mendalam.