Media online maupun media sosial, kini menjadi salah satu kanal online yang dijadikan sumber informasi oleh masyarakat. Sejak pandemi melanda dunia, hampir seluruh masyarakat di belahan dunia memantau perkembangan terkini beberapa berita-berita penting termasuk tentang pandemi covid19.

Beberapa media online di Indonesia pun makin aktif menginformasikan berita-beritanya secara online. Apalagi saat ini ada beberapa platform video seperti YouTube maupun media sosial seperti Instagram yang menjadi salah satu sumber rujukan berita terkini.

Potensi tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki brand untuk mengetahui kebutuhan pasar lewat media online maupun media sosial. Pemantauan keduanya bisa dilakukan menggunakan tools seperti Media Monitoring yang memadukan dua kemampuan sekaligus dalam sebuah alat pemantauan berbasis teknologi machine learning dan artificial intelligence.

Jika Anda cukup penasaran, berikut adalah beberapa daftar media monitoring terbaik 2021 yang bisa dijadikan referensi untuk memantau media online maupun media sosial sesuai dengan kebutuhan.

NoLimit

NoLimit adalah salah satu media monitoring terbaik 2021 yang dikembangkan oleh sejumlah anak muda di Indonesia. NoLimit adalah tools media monitoring berbasis web sehingga memudahkan dalam memantau maupun menganalisa data-data terutama perbincangan di media sosial dengan mengamati perkembangan akun, tanda pagar, maupun kata kunci tertentu.

Selain itu, NoLimit juga dapat memantau campaign online yang sedang dijalankan. Pemantauan yang dilakukan salah satu tolak ukurnya adalah perkembangan engagement dan interaction. NoLimit malahan dapat memberikan sentimen analisis sehingga brand atau perusahaan bisa menentukan langkah selanjutnya terhadap sebuah isu yang muncul atau tiba-tiba banyak diperbincangkan di media online maupun media sosial.

Hootsuite

Hootsuite adalah salah satu platform yang menggabungkan media sosial dalam sebuah tools. Sehingga penggunanya cukup menggunakan satu dashboard untuk mengoperasikan banyak akun media sosial. Umumnya Hootsuite digunakan oleh para digital marketers. 

Namun belakangan kini Hootsuite mengembangkan Hootsuite Insight yang memberikan analisis terhadap jutaan bahkan milyaran percakapan yang terjadi di media sosial secara real-time. Hootsuite Insight memberikan paparan laporan perkembangan sebuah topik atau kata kunci dengan rentang waktu yang bisa diatur.

Talkwalker

Talkwalker tidak berbeda dengan NoLimit yang memantau percakapan atau sebuah topik tertentu di media sosial maupun media online. Talkwalker mengklaim mampu memfilter hingga 50 percakapan dari lebih 150 juta sumber data termasuk di dalamnya seperti blog, forum, video, portal berita, hingga beberapa platform media sosial.

Anda bisa dengan mudah menganalisa engagement, reach, komentar, bahkan brand sentiment yang akan membantu sebuah brand untuk menentukan langkah dan kebijakan terhadap sebuah topik yang sedang diperbincangkan. Apalagi terkait dengan brandnya sendiri.

Reputology

Reputology akan membantu Anda memantau Yelp, Google, Facebook dan beberapa situs di internet. Bagi brand yang sudah melakukan transformasi digital sangat memungkinkan untuk menggunakan Reputologi dalam memantau perkembangan beberapa platform tersebut untuk membantu melakukan analisa perkembangan sebuah topik yang berhubungan dengan kebijakan atau rencana bisnis sebuah brand.

BrandWatch

Brandwatch membantu Anda dalam memantau sebuah percakapan di media sosial dengan format dan tampilan yang lebih mudah untuk dibaca dan dipelajari karena BrandWatch menghadirkannya dalam bentuk laporan yang sistematis dan terstruktur.

Brandwatch bisa Anda gunakan untuk menganalisis strategi online campaign, konten yang sudah dipublish, hingga campaign yang sedang dijalankan oleh KOL atau influencers.

Beberapa informasi daftar media monitoring terbaik 2021 sangat penting bagi para pemilik perusahaan maupun bagi Anda yang memiliki sebuah brand. Apalagi jika sudah melakukan transformasi digital sehingga Anda bisa mengukur seberapa efektif campaign online yang dijalankan maupun memantau seberapa besar dampak brand Anda diperbincangkan secara positif atau sebaliknya.