Partai Demokrat merupakan salah satu partai terbesar yang ada di Indonesia. Partai yang berdiri pada 09 September 2001 saat ini sudah berusia 20 tahun. Pada tahun ini Partai Demokrat mengalami konflik internal yang menyebabkan kekisruhan di berbagai DPD dan DPW Partai Demokrat. Kisruh Partai Demokrat membuat berbagai tokoh dan eks kader dari Demokrat menginisiasi Kongres Luar Biasa untuk mengkudeta kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai Demokrat. Mari coba kita monitor dengan NoLimit Dashboard mendapatkan 409.612 percakapan dengan total netizen yang berbicara sebanyak 138.557.

TOPIK KONTRA YANG BANYAK DIPERCAKAPAN

Dari sekian banyak perbincangan terkait kontra tolak kongres luar biasa, percakapan terbanyak terkait KLB Demokrat Moeldoko dianggap abal-abal dan tidak ada etika sebesar 14% dan Seluruh kader Partai Demokrat menyatakan setia dan solid mendukung AHY dan menolak KLB Ilegal sebesar 7%.

            Ada pun para public figure yang menyuarakan terkait kisruh Partai Demokrat yaitu Hidaya Nur Wahid yang mengatakan bahwa polemik di Partai Demokrat harus segara diselesaikan agar terhindar dari kepentingan-kepentingan elit politik yang lain. Edhie Baskoro juga menyuarakan bahwa jajaran pengurus partai demokrat pusat dan daerah untuk kompak dan bersatu melawan gerakan pengambilalihan Partai Demokrat.

TOPIK  PRO YANG BANYAK DIPERCAKAPAN

Ada pula netizen yang mengatakan bahwa Kongres Luar Biasa ini harus diselanggarakan menilai dari sisi positifnya, topik yang banyak diperbincangkan diantara lain Darmizal menyatakan KLB diselanggarakn untuk menuju perbaikan menjadi Partai yang besar kembali (59%), Demokrat KLB Nilai AD-ART 2020 salahi aturan dan cacat hukum (19%) dan Eks kader Partai Demokrat mendukung Moeldoko sebagai Ketua Umum yang baru (12%).

Rachlan Nashidiki membuat pernyataan terkait polemic yang terjadi di kubu Partai Demokrat mengenai Darmizal menghadiri pertemuan dengan KSP Moeldoko serta ia sudah mengundurkan diri dari Partai Demokrat dan mengatakan bahwa Darmizal adalah pendukung Jokowi.

TOPIK  AHY YANG BANYAK DIPERBINCANGKAN

Netizen pun tak luput untuk membicarakan Ketua Umum Partai Demokrat yaitu Agus Harimurti Yudhoyono atau yang biasa dikenal sebagai AHY. Topik yang paling banyak diperbincangkan mengenai AHY yaitu netizen memberikan support kepada AHY terkait masalah yang terjadi di Partai Demokrat (35%) serta Perbincangan netizen terkait elektabilitas AHY yang tinggi sebagai salah satu elite politik yang potensial.

            Mardani Ali Sera selaku tokoh politik Indonesia memberikan support kepada Partai Demokrat dan AHY terkait mengurus internal partai memang sulit, ia yakin bahwa AHY dan internal Demokrat dapat menyelesaikan masalahnya.

TOPIK  MOELDOKO YANG BANYAK DIPERBINCANGKAN

Sebagai salah satu elite politik di Indonesia, Nama Moeldoko tak luput diperbincangkan oleh netizen terkait keterlibatan ia sebagai salah satu yang diusung oleh eks kader Partai Demokrat sebagai Ketua Umum. Topik Moeldoko yang paling banyak diperbincangkan oleh netizen terkait netizen memberikan semangat kepada Moeldoko terkait kisruh Partai Demokrat (36%), serta Netizen menyatakan kepada Moeldoko untuk maju terus sebagai Ketua Umum yang diusung pada kisruh yang terjadi di Partai Demokrat (33%).

            Jadi apakah kalian sudah membaca keseluruhan polemik yang terjadi di Partai Demokrat? Baik pro dan kontra, sebaiknya kita menyampaikan pendapat kita dengan bijak. Mari kita terus pantau apa yang akan terjadi di kedepannya.