Semenjak LIGA 1 dibatalkan karena pandemik COVID-19, klub sepakbola di Indonesia tidak dapat bermain di lapangan sesuai dengan jadwal pertandingan yang sudah ditentukan. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya pendukung klub sepakbola yang merindukan permainan yang seharusnya berlangsung selama masa COVID-19 ini. Untuk mempertahankan eksistensinya, klub sepakbola Indonesia lebih aktif mengunggah konten di media sosial agar dapat lebih banyak berinteraksi dengan penggemarnya yang juga tidak dapat menikmati permainan bola di masa pandemik ini. 

Jumlah keseluruhan klub sepakbola di Indonesia adalah 18 klub, di mana setiap klub mencoba untuk terus aktif di beberapa platform media sosial, seperti Instagram, Facebook dan Twitter.Β Β Jika dilihat secara keseluruhan dari konten yang diunggah, menurut data yang diambil dari NoLimit Dashboard selama periode 1-14 Februari 2021, klub Persik Kediri memiliki nilai Engagement Rate paling tinggi. Nilai Engagement Rate diambil dari seberapa banyak interaksi yang terjalin antara penggemar dengan akun klub Sepakbola. Interaksi yang dimaksud adalah jumlah likes, shares dan comments dari setiap post yang diunggah.Β 

Angka besar dari Engagement Rate yang didapatkan Persik Kediri menunjukkan bahwa unggahan yang diunggah untuk followersnya dari 3 jenis platform yang ada, mendapatkan feedback atau respon yang banyak, sehingga terjalin interaksi sebesar 1,94% di setiap unggahan yang Persik Kediri unggah ke media sosial. Hal tersebut dapat terjadi karena followers atau audiens Persik Kediri aktif merespon di sosial media.Jika dilihat dari angka total Engagement, Persija merupakan klub yang berada di posisi pertama. Total Engagement didapat dari penggabungan likes, shares, dan comment netizen terhadap unggahan yang diunggah. Sehingga angka tersebut menggambarkan bahwa penggemar Persija aktif dalam unggahan Persija di setiap platform sosial medianya.  Dan jika dilihat dari akun yang paling aktif, diduduki oleh Persib dengan total unggahan sebanyak 357. 

Peminat Sepakbola Lebih Aktif di Media Sosial Instagram

Untuk melihat lebih detail dari setiap platform, Instagram memiliki angka Engagement Rate yang tinggi, dikarenakan banyaknya penggemar yang aktif berinteraksi dengan akun klub sepakbola di platform Instagram.

Angka tertinggi diperoleh Persiraja Banda Aceh dengan 4,85%. Hal tersebut menunjukkan adanya interaksi Perisiraja dengan penggemarnya di Instagram sebanyak 4,85%. Dalam periode 1-14 feb 2021, unggahan Instagram yang paling tinggi nilai Engagement Ratenya adalah mengenai Miftahul Hamdi yang lolos untuk menjadi pemain Timnas dan akan bertanding di pertandingan SEA Games Vietnam 2021. Banyak netizen yang mengucapkan selamat atas keberhasilannya tersebut.

Namun jika dilihat dari akun klub Sepakbola yang paling aktif adalah Persija dengan 81 unggahan. Dan unggahan yang paling disukai dengan 104.836 engagement dimiliki klub Persib dengan unggahannya mengenai pemain Persib Hariono. 

Persib, Persija dan Bali United Merupakan Klub Paling Populer di Media Sosial

Ternyata dari seluruh supporter di media sosial, percapakan mengenai klub Sepakbola ada 70.265 pembicaraan.

Netizen paling banyak membicarakan klub Persib dengan porsi 39% dengan bahasan mengenai Respon netizen terhadap Giveaway Jersey Original Persib dan ungkapan kerinduan netizen terhadap permainan Persib di lapangan. Setelah Persib, Persija berada di posisi kedua dengan 25%, bahasan yang dibicarakan netizen benyak mengenai kuis tebak-tebakan salah satu pemain Persija dan Respon netizen mengenai keluarnya Alfath dari Persija. 

Dilihat dari per harinya, penggemar sepakbola Indonesia banyak aktif dan melakukan pembicaran di media sosial pada hari Selasa. Hal tersebut dilihat dari banyaknya pembicaraan yang terjadi di hari tersebut. Namun, jika dilihat lebih detailnya, aktivitas pembicaraan di media sosial banyak terjadi di jam-jam tertentu. hal tersebut dapat dilihat di chart berikut ini

Jika dilihat, aktivitas paling tinggi pembicaraan di media sosial terjadi pada pukul 17.00 WIB. Pada jam tersebut, banyak penggemar yang melakukan pembicaraan mengenai klub-klub sepakbola Indonesia.