Penjualan produk perawatan kulit pun diyakini kian melonjak ketika Pandemi. Diantara sekian banyaknya produk perawatan kulit yang beredar, tidak sedikit netizen yang lebih memilih menggunakan produk lokal untuk “Skincare-an” khususnya menggunakan Lokal Skincare. Melalui NoLimit Dashboard, kami mencoba melakukan monitoring perbincangan netizen di media sosial terkait produk perawatan tubuh khususnya wajah buatan Indonesia atau Local Product selama 1-31 Januari 2021. Kami menemukan 399.405 percakapan, di mana percakapan paling banyak di Twitter yang mencapai 93% dari total percakapan.

Lokal skincare pertama yang populer di kalangan netizen yaitu Masker. Percakapannya mencapai 35% dari total pembicaraan. Dan diantara sekian banyak masker yang beredar, Watermelon Glow Mask dari Lacoco menjadi masker yang banyak di mention netizen.

Kemudian jenis produk Skincare kedua yang paling banyak dibicarakan adalah Serum. Serum dari Lacoco yaitu Intensive Treatment Eye Serum menjadi produk di posisi pertama yang banyak dibicarakan, karena dinilai dapat mengatasi Dark Circle dan dinilai sebagai Best Eye Care.

Jenis Produk Skincare ketiga yang paling banyak dibicarakan adalah Toner. Tiga Produk Toner teratas diisi oleh Toner dari Avoskin di posisi 1 dan 2 yaitu Miraculous Refining Toner dan Miraculous Retinol Toner yang dua duanya dinilai mampu memperbaiki tekstur kulit wajah.

Produk keempat yang paling banyak dibicarakan produk Cream teratas sendiri diisi oleh Intensive Nourishing Eye Cream dari Avoskin yang dinilai dapat menyamarkan garis halus, Brightening Cream nya Elsheskin yang dinilai dapat mengurangi komedo dan Retinol Overnight Cream nya For Skin Sake yang dinilai dapat menyelamatkan kulit dari jerawat.

Penggunaan Cleanser dinilai netizen tak kalah pentingnya juga dalam proses “Skincare an”. Pembicaraan mengenai Cleanser berada di posisi ke 5 dari 7 jenis produk Skincare yang kami monitoring.

Kemudian jenis produk Skincare di posisi 6 yang dibicarakan netizen adalah Essence. Essence adalah produk dengan konsentrat bahan aktif yang cukup tinggi, tetapi tidak setinggi serum.

Dan jenis produk Skincare yang terakhir dibicarakan adalah Moisturizer. Dimana 3 produk teratasnya diisi oleh The Bath Box. Yaitu ada Rose Drop, Pure Squalane dan Aquabloom.

Salah satu bab yang kami bahas adalah mengenai hasil analisis tren di media sosial terkait lokal skincare . Pembahasan tersebut kami rangkum di dalam infografis berikut.