Ketika libur tiba, umumnya masyarakat berkeinginan untuk bertamasya sesuai dengan keinginan mereka. Selain dapat berkumpul dengan keluarga, teman, sahabat serta dapat istirahat dari aktivitas sehari-hari dan dapat pergi bertamasya menjadi sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Tetapi, tahun 2020 memilik perbandingan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita secara dipaksa untuk berhenti bertamasya dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 ini sedang dialami di seluruh dunia tidak hanya di Indonesia saja yang sudah berjalan hampir satu tahun. Lambat laun menerapan protokol kesehatan bagi segala aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia mampu memulihkan sektor pariwisata khususnya pantai. Disini saya akan mencoba memonitoring pembicaran terkait pantai selama kurun waktu 4-10 Februari 2021 melalui Nolimit Dashboard

Terdapat 13.086 pembicaraan selama kurun waktu 4-10 Februari 2021 dengan pembicaraan tertinggi terjadi pada tanggal 7 Februari 2021, talker sebanyak 480,serta isu yang paling banyak dibicarakan ialah netizen menyebut pantai sebagai destinasi wisata favorit. Hal ini dikarenakan banyaknya tanggapan pengguna media sosial menyebutkan bahwa pantai menjadi salah satu destinasi favorit untuk bertamasya bersama keluarga maupun teman dan istirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Berbicara terkait berlibur pantai di beberapa wilayah di Indonesia, terdapat lima daerah yang paling banyak dibicarakan oleh netizen, apa saja itu?

Berdasarkan hasil monitoring melalu Nolimit dashboard pembicaraan terkait wilayah mana saja yang ingin dikunjungi oleh para netizen menunjukan bahwa Bali sebanyak 22% menjadi tempat yang ingin dikunjungi. Seperti yang kita ketahui bahwa bali merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di seluruh dunia, pantai-pantai di bali menjadi salah satu daya tarik wisatawan atau netizen membicarakan bali sebagai salah satu tempat destinasi favorit untuk dikun jungi , tidak hanya ada pantainya tetapi keindahan alam yang lainnya seperti pegunungan, terasering ceking, kebudayaan serta, banyaknya lounge and bar pun sebagai salah satu pendukung untuk wisatawan bisa betah berada di bali.

Posisi kedua diikuti oleh papua dengan 21%, seperti yang kita tau bahwa papua memiliki keindahan alam yang begitu luas dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal untuk datang kesana salah satunya yang menjadikan papua paling banyak dibicarakan ialah destinasi wisata pantai amai, raja ampat sudah tidak diragukan lagi sangat menakjubkan sebagai tempat wisata dan mampu membuat para wisatawan kagum akan keindahan dari pantai anam dan raja ampat.

Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar tetapi juga dikenal sebagi kota pariwisata itu terbukti netizen membicarakan jogja sebagai salah satu tempat destnasi bertamasya yang ingin dikunjungi sebesar 21%. Hal ini tentu saja tidak luput dengan adanya pantai indrayanti dan parangtritis di daerah Jogja membuat para netizen menginginkan untuk berlibur kesana, selanjutnya Lampung menjadi destinasi favorit untuk berkunjung oleh para netizen, sebanyak 10% membicarkan bahwa lampung dan destinasi wisatanya seperti pantai klara, pasir putih menjadi daya tarik netizen karena pasir yang begitu putih dan bersih membuat lampung masuk destinasi favorit untuk dikunjungin dan yang terakhir ialah Sulawesi sebanyak 10% dibicarakan oleh netizen sebagai salah satu destinasi favorit untuk dikunjungin salah satunya karena adanya pantai losari yang lokasi disekelilingnya mampu dibuat takjub dengan keindahan pantai losari.

Dari Top 5 wilayah Indonesia yang paling banyak dibicarakan terkait pantai, siapa saja yang bisa masuk jajaran Top 5 Pantai yang paling dibicarakan selama tanggal 4-10 Februari 2021?

1. Pantai Kuta

Eksistensi Kuta sebagai salah satu pantai yang paling dikenal di Indonesia maupun mancanegara sudah tidak usah diragukan lagi, keindahan alam dan lingkungan sekitar mampu membuat para wisatawan atau netizen mampu dibuat takjub dengan keindahan alam dari pantai Kuta itu sendiri sebanyak 27% mendominasi pembicaraan terkait pantai di daerah Indonesia. Selain itu ada beberapa hotel yang tempatnya strategis dekat dengan pantai Kuta menjadikan pantai Kuta semakin diminati oleh para netizen dan beberapa toko merchandise untuk oleh-oleh bagi wisatawan.

2. Pantai Pangandaran

Pantai pangandaran merupakan salah satu destinasi favorit kedua yang paling banyak dibicarakan sebanyak 21%. Netizen semakin banyak membicarakan pangandaran karena mantan Menteri Susi Pudjiastuti merupakan putri daerah pangandaran sehingga mampu menarik perhatian netizen dengan kehadiran Susi pudjiastuti sebagai putri daerah. Pangandaran saat ini, tidak hanya menawarkan keindahan alam pantainya saja tetapi menawarkan Bukit yang akhir-akhir ini menjadi viral yaitu Bukit Panenjoan,, selain itu wisatawan atau netizen yang ingin berlibur ke pangandaran mempunyai banyak pilihan untuk menyusuri objek wisata di sana yaitu ada pantai batu karas serta green canyon yang menawarkan keindahan alam yang tidak kalah dari pantai pangandaran.

3. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dibicarakan oleh netizen sebanyak 20%. Pantai yang menawarkan keindahan pasir yang berwarna putih menjadikan daya tarik netizen untuk dibicarakan. Salah satu pantai pasir putih yang menjadi rekomendasi dari netizen ialah Pantai Wates Rembang yang terletak di Jawa tengah, Pantai Pasir Putih Sungai Gantang di Kalimantan Barat dan Pantai Bama yang berada di Jawa Timur, kini para netizen memiliki banyak pilihan untuk berkunjung ke Pantai pasir putih yang ada diberbagai daerah Indonesia.

4. Pantai Losari

Pantai losari sudah menjadi simbol kota Makassar karena keindahan alam yang ditawarkan, sebanyak 19% dibicarakan oleh para netizen pada kurun waktu 4-10 Februari 2021. Keindahan pantai losari tidak usah diragukan lagi, dengan adanya tulisan losari sebelum pintu masuk mampu menarik perhatian wisatawan maupun netizen untuk mendatangi pantai losari.  Bagi masyarakat sekitar sering sekali menghabiskan waktu untuk beristirahat dan refreshing bersama teman, keluarga maupun pacar sambil menikmati seporsi coto Makassar dengan angin sepoi sepoi membuat suasana menjadi lebih hangat.

5. Pantai Indrayanti

Pantai terakhir yang paling banyak dibicarkan oleh para netizen sebanyak 13% yaitu Pantai Indrayanti yang berlokasi di Jogjakarta. Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang berada di Jogjakarta, pesona alamnya begitu indah sehingga menarik perhatian para netizen maupun wisatawan untuk datang ke pantai indrayanti. Pantai indrayanti menyuguhkan suasana khas pantai selatan yang jernih, waktu yang tepat untuk menikmati pesona pantai indrayanti adalah saat waktu matahari terbit dan terbenam. Di sekitar pantainya pun banyak paying-payung untuk rehat sejenak sambil menikmati keindahan pantai indrayanti.

            Pantai Kuta, Pangandaran, Pasir Putih, Losari dan Indrayanti merupakan lima destinasi paling dibicarakan yang disebutkan di media sosial. Dapat dilihat 3 dari 5 pantai masih berada di Pulau Jawa, yang mana memperlihatkan bahwa saat ini pandemic netizen lebih memilih daerah dengan jarak yang dekat dengan lokasi mereka tinggal. Nah kalo kamu tim yang mau ke pantai mana nih? Apapun pilihannya, jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan yaa demi menekan angka penuluran Covid-19 dan kita dapat berlibur kemanapun kita mau tanpa rasa takut!